SerambiIndonesia/

Warga Tiongkok Ditangkap Saat Berjualan Baju di Abdya

Otoritas Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, menahan seorang warga negara Tiongkok yang kedapatan

Warga Tiongkok Ditangkap Saat Berjualan Baju di Abdya
PETUGAS Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu (4/11) siang memperlihatkan Visa dan Warga Negara Tiongkok, Hu Jiebin setelah sebelumnya ditangkap petugas keamanan gabungan di Blangpidie, Abdya pada Jumat (3/11) sore.

* Diduga Salahgunakan Visa Kunjungan

MEULABOH - Otoritas Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, menahan seorang warga negara Tiongkok yang kedapatan menyalahgunakan visa kunjungan ke Indonesia. Pria yang diidentifikasi bernama Hu Jiebin (35) ini ditangkap aparat gabungan, saat sedang berjualan baju di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (4/11) sore.

Informasi diperoleh Serambi, pria yang memiliki nomor Paspor E96156645 asal Guangdong, Tiongkok tersebut, ditangkap ketika sedang berjualan baju di wilayah Abdya. Ia berjualan baju dengan menggunakan mobil penumpang jenis Daihatsu Xenia nomor polisi BK 1083 WO yang disewa dari Medan, Sumatera Utara.

Bersama Jiebin, petugas juga mengamankan seorang WNI bernama Gunawan Damanik, asal Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara yang diduga sebagai giude warga asing, juga sopir mobil tersebut.

Petugas juga mengamankan ratusan lembar baju kaos yang diangkut menggunakan mobil. Diduga baju tersebut dijual ke sejumlah wilayah di kawasan pantai barat selatan Aceh.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Imam Santoso yang dikonfirmasi Serambi Sabtu siang, mengatakan, warga asing asal Tiongkok bernama Hu Jiebin itu telah diamankan pihaknya sejak Jumat tengah malam.

Menurut Imam, warga asing ini ditangkap atas laporan petugas TNI Angkatan Laut. Si petugas curiga dengan aktivitas seorang warga asing yang sedang berjualan baju dengan menggunakan mobil minibus di kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pihak TNI kemudian menghubungi pihak terkait yang termasuk dalam tim pengawasan orang asing, guna dilakukan koordinasi dan melakukan penangkapan. “Setelah diperiksa di Mapolres Abdya, warga asing ini diserahkan ke Imigrasi Meulaboh untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” kata Imam.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Imam Santoso menjelaskan, sejauh ini pihak Imigrasi masih melakukan pemeriksaan terhadap warga asing tersebut. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan tujuan keberadaannya di wilayah Indonesia, khususnya di kawasan pantai barat selatan Aceh.

Dugaan sementara, warga negara Tiongkok ini melakukan pelanggaran keimigrasian atau menyalahi visa kunjungan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Pasalnya, pelaku kedapatan sedang menjual baju secara keliling dan ditemani oleh warga Indonesia yang diduga bertindak sebagai penunjuk jalan (guide).

Namun demikian, untuk kepastiannya, Imam Santoso berjanji akan menyampaikannya dalam konferensi pers yang akan digelar Senin (6/11) hari ini.(edi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help