Sensasi Mandi Uap di Taman Wisata Ie Suum

BELASAN bilik itu berdiri berjejer di kaki gunung. Di bawahnya mengalir air mengikuti saluran berbatu selebar

Sensasi Mandi Uap di Taman Wisata Ie Suum

BELASAN bilik itu berdiri berjejer di kaki gunung. Di bawahnya mengalir air mengikuti saluran berbatu selebar satu meter. Kepulan asap tampak menguap ke udara menandakan air itu berhawa panas.

“Kalau mau masuk ke bilik cukup membayar tiket seharga Rp 5.000,” kata Magfirah, petugas penjaga tiket saat ditemui di lokasi Taman Wisata Ie Suum, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Minggu (10/12) lalu. Sejak beberapa waktu erakhir banyak warga yang memanfaat bilik sauna di Taman Wisata Ie Suum ini untuk terapi kesehatan.

Proses mandi saunaatau mandi uap ini berlangsung alamiah. Uap panas yang dihasilkan bersumber dari air panas yang mengalir dari bawah kaki Gunung vulkanik Seulawah. Saat ini ada belasan biliksauna di lokasi Taman Wisata Ie Suum. Selain bisa mandiuap, dengan tiket Rp 5.000 tersebut pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lainnya. Bagi anakanak ada kolam pemandian air hangat.Sedangkan bagi orang dewasa ada dua kolam besar untuk pria dan wanita yang terpisah.

“Di waktuwaktutertentu bahkan da pengunjung yang menginap di sini karena mereka ingin menjalani terapiuntuk kesehatan,” tutur Magfirah. Taman Wisata Ie Suum saat ini kian dikenal masyarakat sebagai tempat wisata terapi kesehatan. Khusus pada hari libur, objek wisata ini ramai didatangi pengunjung, termasukdari luar daerah. Terletak di Desa Ie Suum, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, objek wisata andalan Pemkab Aceh Besar ini dapat ditempuh dalam waktu 40 menitdari pusat kota. Jalan menuju ke lokasi terbilang mulus dan beraspal serta dilengkapi fasilitas mushala, warung dan kamar mandi. Bagi Anda yang hobi berfoto, land mark raksasadi dinding tebing gunung, bertuliskan “Taman Wisata Ie Suum Aceh Besar” juga bisa menjadi spot yangciamik dan menarik buat kenang-kenangan sebelum Anda meninggalkan lokasi.(**)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved