Pemkab Pidie Segera Tangani Abrasi di Kembang Tanjong, Ini Permintaan Wabup pada Provinsi dan BNPB

Pemkab Pidie berharap Provinsi dan BNPB merealisasikan usulan dana pembangunan penahan ombak di dua desa tersebut dalam tahun ini.

Pemkab Pidie Segera Tangani Abrasi di Kembang Tanjong, Ini Permintaan Wabup pada Provinsi dan BNPB
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Wabup Pidie Fadhlullah TM Daud ST (tengah) meninjau abrasi pantai di Gampong Pasi Lhok, Kecamatan Kembang Tanjong, Jumat (5/1/2018). 

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie akan segera menangani abrasi pantai di sepanjang Gampong Jeumeurang dan Pasi Lhok, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie.

Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD), Apriadi SSos meninjau lokasi abrasi tersebut, Jumat (5/1/2018).

Di sela-sela kegiatan itu, kepada Serambinews.com Fadhlullah abrasi pantai di Gampong Jeumarang dan Pasi Lhok sudah mengancam pemukiman warga. Patut segera ditangani untuk menyelamatkan ratusan rumah warga.

"Pemkab sudah mengajukan dana pembangunan batu penahan ombak sepanjang 3 Km ke provinsi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebesar Rp 37 miliar pada 2017, bersamaan dengan dana untuk penanganan gempa," kata Fadhlullah.

Mengingat ganasnya abrasi yang menggerus pemukiman warga yang hanya terpuat 2 sampai 3 meter dengan bibir pantai, Pemkab Pidie berharap Provinsi dan BNPB merealisasikan usulan dana tersebut dalam tahun ini.

Hal ini mengingat beberapa fasilitas publik milik nelayan berupa pabrik es mini, tempat pendaratan boat, dan gubuk peristirahatan serta batang pohon di pinggir pantai roboh akibat diterjang ombak dalam dua pekan terakhir.(*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help