Hormati Putusan MK, KPU Batal Rekrut Tim Seleksi Anggota KIP Aceh

"Kita menghormati putusan MK," kata Anggota KPU RI, Ilham Saputra kepada Serambinews.com, Sabtu (13/1/2018).

Hormati Putusan MK, KPU Batal Rekrut Tim Seleksi Anggota KIP Aceh
IST
Ilham Saputra 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI langsung mengeksekusi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan permohonan Aceh terkait judicial review terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

KPU langsung mengeluarkan surat perubahan pengumuman pembentukan tim seleksi anggota KIP Aceh periode 2018-2023 atau batal merekrut anggota KIP Aceh.

"Kita menghormati putusan MK," kata Anggota KPU RI, Ilham Saputra kepada Serambinews.com, Sabtu (13/1/2018).

Dalam surat perubahan bernomor 47/PP.06-SD/05/KPU/I/2018 tertanggal 12 Januari 2018 memuat pengumuman rekrutmen tim seleksi anggota KPU, tapi di dalamnya tidak ada lagi nama Aceh sebagaimana tertulis dalam surat pertama yang dikeluarkan tanggal 8 Januari 2018.

(Baca: Dinilai Langgar Kode Etik, DKPP Beri Sanksi untuk Anggota KIP Aceh )

Dalam surat itu disebutkan, ada 17 KPU di Indonesia yang masa jabatannya berakhir pada 24 Mei 2018. Salah satunya, KIP Aceh.

Tetapi, proses rekrutmen anggota KIP Aceh dilakukan oleh tim Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk Komisi I DPRA sebagaimana diatur dalam UUPA.

Tetapi jika ada warga negara yang ingin mendaftar sebagai calon tim seleksi anggota KPU, bisa mengantar surat permohonan ke Sekretariat KPU RI atau bisa mengirim lewat email timseleksi_kpuri@yahoo.com paling lambat 17 Januari 2018.

Tim seleksi akan memulai proses tahapan seleksi mulai Februari sampai dengan Mei 2018. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help