Ruang Kelas Baru di SMPN 1 Blangpidie tak Ada Plafon, Begini Penderitaan Siswa yang Kepanasan

Sayangnya, delapan RKB tersebut tidak dipasang atau tidak dilengkapi plafon, padahal pembangunan menyerap anggaran Rp 2,5 miliar.

Ruang Kelas Baru di SMPN 1 Blangpidie tak Ada Plafon, Begini Penderitaan Siswa yang Kepanasan
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Siswa/siswa SMPN 1 Blangpidie, Kabupaten Abdya harus mengikuti proses belajar mengajar dalam delapan ruang kelas baru berhawa panas dan tidak kedap suara akibat pelaksana proyek sumber dana Otsus APBK 2017 bernilai hampir Rp 2,5 miliar tidak memasang plafon. Foto direkam, Jumat (9/2/2018). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Delapan ruang kelas baru (RKB) SMPN 1 Blangpidie bertingkat dibangun sumber dana Otsus APBK 2017 sudah dipergunakan untuk proses belajar mengajar.

Sayangnya, delapan RKB tersebut tidak dipasang atau tidak dilengkapi plafon, padahal pembangunan menyerap anggaran Rp 2,5 miliar.

Dampak ruang belajar tidak ada plafon, ratusan siswa/siswi dan dewan guru SMPN 1 Blangpidie setiap hari harus mengikuti proses belajar mengajar dalam ruang kelas berhawa panas dan tidak kedap suara.

Susana belajar yang tidak nyaman seperti itu dijalani siswa dan dewan guru setempat setelah berfungsi delapan RKB yang baru dibangun.

Baca: Cabuli Siswi SMP, Anggota DPRD ini Dijebloskan ke Penjara

Hawa panas yang berakibat para siswa sering berkeringat sangat dirasakan dalam empat ruang kelas di lantai dua.

“Hawa panas menyelimuti ruang kelas sejak pukul 10.00 WIB setelah atap seng terkena sinar terik matahari sehingga kami berkeringat,” kata siswi kelas VIII-2 (kelas II) ketika dikunjungi Serambinews.com, Jumat (9/22018).

Selain hawa panas yang sangat mengganggu, siswa/siswi yang menempati empat RKB lantai atas juga mengaku tidak fokus mengikuti proses belajar mengajar.

Baca: Siswi SMP Tewas Usai Hubungan Badan 2 Kali di Tempat Kos, Polisi Tetapkan Sang Pacar Jadi Tersangka

Pasalnya, suara guru yang menjelaskan mata pelajaran di ruang kelas berbeda juga terdengar oleh mereka.

“Kami tak fokus karena suara-suara dari ruang kelas sebelah juga terdengar di ruangan kami sehingga sangat menggangu,” ungkap siswa kelas VIII-1.

Kepala SMPN 1 Blangpidie, Nurhayani SPd dihubungi Serambinews.com mengharapkan plafon delapan RKB bertingkat tersebut agar dapat dipasang pada tahun 2018 ini, sehingga proses belajar mengajar berlangsung nyaman. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help