Dirlantas: Berkendara Sambil Merokok dan Dengar Musik Tidak Ditilang, Kecuali Ugal-Ugalan

"Sudah saya sampaikan memang, untuk yang merokok, mendengarkan musik itu tidak ditilang, saya ulang lagi, tidak ditilang,"

Dirlantas: Berkendara Sambil Merokok dan Dengar Musik Tidak Ditilang, Kecuali Ugal-Ugalan
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/2/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menegaskan pihaknya tidak akan menilang pengendara yang dalam mengemudikan kendaraannya sambil merokok ataupun mendengarkan musik.

"Sudah saya sampaikan memang, untuk yang merokok, mendengarkan musik itu tidak ditilang, saya ulang lagi, tidak ditilang," ujar Halim di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Halim menerangkan, pihaknya baru akan menilang jika menemukan adanya pengendara yang mengendarai kendaraannya dalam keadaan tak wajar.

Baca: Heboh TKI Asal Aceh Dipaksa Kerja 24 Jam, Ini Penjelasan Keluarga dan Karo Humas Aceh

Baca: Lima Spesies Binatang Purba Ini Diklaim Telah Punah, Ternyata Masih Hidup Hingga Saat Ini

Misalnya, pengendara yang mengendarai kendaraannya dengan ugal-ugalan hingga membahayakan pengendara lainnya.

"(Kami akan menilang) apabila pengendara mengendarai kendaraannya dengan tidak wajar dan tidak konsentrasi. Tentunya itu melanggar aturan," kata Halim.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, merokok dan mendengarkan musik atau radio saat berkendara tidak boleh dilakukan karena dianggap mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Baca: Istri Ustaz Riza Muhammad Umumkan Kehamilan Anak Kedua, Banjir Doa dari Warganet

Baca: Anak Presiden yang Bermain Sepak Bola di PSG, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Timothy Weah

Saat itu, Budiyanto menilai mendengarkan musik dan radio beserta kegiatan lain, seperti merokok, menggunakan ponsel, dan terpengaruh minuman beralkohol, melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hal itu tercantum di Pasal 106 Ayat 1 juncto Pasal 283. Budiyanto menyarankan pemutaran radio dan musik dilakukan saat kendaraan dalam posisi berhenti di lokasi yang tidak menganggu sirkulasi lalu lintas.(*)

Baca: Kabar Gembira Bagi PNS, Menpan RB Upayakan Skema Baru Jaminan Hari Tua Tahun 2018

Baca: Jamaah Sirul Mubtadin Putihkan Lapangan Blang Asan, TGB Akhiri Safari Dakwah di Aceh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dirlantas: Berkendara Sambil Merokok dan Dengar Musik Tidak Ditilang"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help