Soal Pergub atau Qanun APBA 2018, Kemendagri akan Putuskan Jumat Esok

Demikian disampaikan Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin perihal tindak lanjut pertemuan pihaknya dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah.

Soal Pergub atau Qanun APBA 2018, Kemendagri akan Putuskan Jumat Esok
Ketua DPRA, Tgk Muharuddin bersama anggota DPRA lainnya melakukan pertemuan terbatas dengan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin di gedubg H lantai VIII Kemendagri di Jakarta, Rabu (7/3). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri akan putuskan menerima atau menolak usulan Pergub APBA 2018 pada Jumat (8/3/2018) besok.

Demikian disampaikan Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin perihal tindak lanjut pertemuan pihaknya dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah.

"Kemendagri dijadwalkan melakukan rapat internal Jumat esok, setelah mendengar madukan dari kita," kata Tgk Muharuddin yang tiba di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Sebelumnya secara berturut-turut Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri telah memanggil Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Pimpinan DPR Aceh ke Kemendagri.

Baca: Jika Pergub, Dewan Gugat

Gubernur Irwandi bertemu Dirjen pada Senin (5/3/2018), selanjutnya pada Rabu (7/3/2018) diikuti pertemuan dengan pimoinan DPR Aceh.

Gubernur Irwandi Yusuf tetap pada sikapnya bahwa APBA harus dijalankan dengan Pergub karena sampai batas waktu yang ditentukan belum juga diperoleh kesepakatan antara Gubernur dan DPRA.

"Peraturan perundang-undangan mengatur begitu. Apabila tidak dicapaj kesepamatan gubernir dan DPRA, makan APBA dijalankan dengan Pergub," kata Irwandi Yusuf.

Sebaliknya pimpinan DPRA tetap menginginkan APBA dalam bentuk qanun dan menyampaikan bahwa, usulan Pergub oleh Gubernur Aceh prematur karena belum memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

DPR Aceh sendiri baru akan menetukan sikap terhadap APBA 2018 apabila sudah keluar putus Kemendagri.

"Termasuk kemungkinan langkah pidana atau ke Mahkamah Agung, nanti kita putuskan setelah adanya keputusan Kemendagri," demikian Tgk Muharuddin. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved