Kata Pendiri Matahari sebelum Meninggal: “Saya Bisa Kaya Besar, Tapi Mau Saya Bawa Kemana Uangnya”

“Saya sudah mulai beri mereka full authority, saya bilang don't ask me. Lakukan saja. Kalau rugi jangan takut di-PHK and doing very good."

Kata Pendiri Matahari sebelum Meninggal: “Saya Bisa Kaya Besar, Tapi Mau Saya Bawa Kemana Uangnya”
KOLASE
Kolase foto Hari Darmawan, pendiri Matahari Department Store 

SERAMBINEWS.COM - Pendiri Matahari Department Store, Hari Darmawan ditemukan tewas setelah hanyut di sungai Ciliwung, Cisarua, Bogor, Sabtu (10/3/2018).

Sebelum pergi untuk selama-lamanya, Hari Darmawan diketahui menyampaikan pesan yang cukup penting terhadap keberlangsungan bisnisnya dan 10 orang yang diasuhnya untuk dijadikan calon enterprenuer menggantikan dirinya.

Pesan itu disampaikan saat mendapat wawancara langsung dari Bayu Prawira Hie, presenter DAAI TV pada pertengahan 2017, terkait usaha Taman Wisata Matahari (TWM) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Presenter itu menanyakan suatu saat Hari Darmawan akan pergi meninggalkan kerajaan bisnisnya. Apa yang telah dipersiapkan olehnya untuk keberlangsungan bisnis TWM bahkan bisa menjadi lebih besar?

"Saya sudah pikirkan hari pertama waktu saya buat ini (Taman Wisata Matahari). Karena anak-anak saya seperti burung telah besar, dia bisa terbang. Dia sudah jauh dari bisnis saya. Mereka juga tidak ingin infolk karena mereka punya," katanya.

(Baca: Pendiri Matahari Department Store Ditemukan Tewas Tersangkut di Bebatuan di Sungai Ciliwung)

Pendiri Matahari Department Store, Hari Darmawan, meninggal.
Pendiri Matahari Department Store, Hari Darmawan, meninggal. ()

Namun Hari Darmawan punya cara sendiri dengan membina orang-orangnya sendiri yang bukan dari darah dagingnya sendiri. Dia telah membina 10 orang bukan mewakili Hari Darmawan atau anak-anaknya untuk mengelola TWM.

Anak binaannya tersebut mendapat pendidikan dan pembinaan langsung darinya. Mereka diharapkan terus bisa menjadi manajemen TWM hingga dia sudah tidak ada.

"Mereka sudah saya antara ke Singapura, ke Hongkong bahkan 20 orang. Nanti sebentar kita mau ke Tokyo Disneyland. Kita mau lihat banyak untuk memandaikan dengan kaliber mudah-mudahan lebih dari saya. Saya all man," katanya.

(Baca: Kisah Hidup Pendiri Matahari Department Store, Bangkrut, Merantau ke Jakarta, dan Beli Toko Mertua)

Halaman
12
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved