USBN Banda Aceh 26 Maret 2018

Seluruh SMA/SMK di Banda Aceh dipastikan akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 26 Maret

USBN Banda Aceh 26 Maret 2018
WAKIL Ketua DPRA, Sulaiman Abda berdialog dengan Kepala SMA 3 Banda Aceh, Anwar Sanusi terkait USBN, Senin (12/3). 

* Kesepakatan Seluruh SMA/SMK

BANDA ACEH - Seluruh SMA/SMK di Banda Aceh dipastikan akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 26 Maret hingga 2 April 2018. Kepastian itu merupakan hasil kesepakatan para kepala SMA/SMK di Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Kepala SMA Negeri 3 Banda Aceh, Anwar Sanusi, kepada Wakil Ketua I DPR Aceh, Sulaiman Abda saat berkunjung ke sekolah tersebut, Senin (12/3). Dia menjelaskan, pelaksanaan USBN mulai 26 Maret hingga 2 April 2018 dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada tim pembuat soal dan siswa memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan.

Hal itu dinilai penting karena USBN menjadi penentu kelulusan bagi setiap siswa. Sedangkan ujian nasional (UN) merupakan nilai untuk bisa ikut melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya ikut tes IPDN, Akpol, Akmil, STAN dan sekolah ikatan dinas lainnya.

Dalam surat edaran Kadisdik Aceh sebelumnya, kata Anwar Sanusi, bila sekolah ingin melaksanakan UN lebih dulu silahkan, baru melaksanakan USBN. Namun hal itu sempat ditentang karena banyak orang tua dan siswa khawatir jadwal tes IPDN, STAN, Akpol dan Akmil berbenturan jadwal USBN.

“Keresahan para orang tua dan siswa sudah disahuti Kadisdik Aceh, Kadisdik mempersilakan sekolah melaksanakan USBN mendahului UN,” kata Anwar Sanusi.

Berdasarkan surat kedua Kadisdik itu, para kepala SMA/SMK di Banda Aceh mengadakan rapat persiapan pelaksanaan USBN. “Hasilnya disepakati USBN dilaksanakan 26 Maret-2 April. Kemudian dilanjutkan dengan UN 2-5 April untuk SMK dan 9-12 April untuk SMA/MA,” jelasnya.

Ungkapan serupa juga disampaikan Kepala SMA Negeri 5 Banda Aceh, Usman, kepada Wakil Ketua I DPRA, Sulaiman Abda. Selain ke SMAN 3, kemarin, Sulaiman Abda juga berkunjung ke SMAN 5.

Dalam kunjungan ke SMAN 5 Banda Aceh, kemarin, Wakil Ketua I DPRA Sulaiman Abda menjelaskan, kedatangannya untuk mengecek apakah dana bantuan operasi sekolah (BOS) triwulan I (Januari-Maret) sudah disalurkan Disdik Aceh ke SMA/SMK untuk persiapan pelaksanaan USBN dan UN.

Usman mengakui dana bos sudah masuk ke rekening sekolah sejak Jumat (9/3), sesuai penyataan Kadisdik Aceh, Laisani. Sulaiman Abda meminta agar dana BOS itu bisa digunakan sesuai peruntukan dan jangan disalahgunakan.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help