Home »

Sport

Aceh-Sumut Siap Menang

Aceh dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap memenangkan bidding (penentuan tuan rumah)

Aceh-Sumut Siap Menang
MUZAKIR MANAF

* Jelang Bidding PON XXI 2024

BANDA ACEH – Aceh dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap memenangkan bidding (penentuan tuan rumah) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Jakarta mulai 23 hingga 26 April mendatang. Keyakinan tersebut disampaikan Ketua Umum KONI Aceh, H Muzakir Manaf di Banda Aceh, Kamis (12/4).

Menurut Mualem–sapaan akrab Muzakir Manaf--, keyakinan tersebut bukan sekedar rasa optimis untuk meraih kemenangan, melainkan hasil dari usaha yang telah ditempuh dalam dua tahun terakhir ini. Yaitu mulai dari konsolidasi antara Aceh dan Sumut, penjemputan surat undangan ke KONI Provinsi se-Indonesia, permohonan dukungan mulai dari tokoh nasional hingga kepada Menpora, dan Wakil Presiden RI.

“Dan yang terakhir, 30 pimpinan KONI Provinsi se-Indonesia memenuhi undangan kita untuk bersilaturrami di Sabang,” katanya.

Menurut Mualem, jika dihitung dari jumlah pimpinan KONI se-Indonesia yang hadir di Sabang, dirinya menyakini pada bidding nanti, Aceh-Sumut akan memperoleh lebih dari 90 persen suara. Itu semua berdasarkan usaha maksimal yang telah dilakukan Aceh-Sumut dalam dua tahun terakhir.

“Di Sabang, seluruh pimpinan KONI se-Indonesia juga telah menandantangani Deklarasi Nol Kilimeter sebagai komitmen dukungan terhadap Aceh-Sumut untuk menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024,” pungkas Mualem.

Selain dihadiri oleh pimpinan KONI provinsi se-Indonesia, pertemuan di Sabang beberapa waktu lalu juga turut dihadiri oleh Ketua Pemenangan Bidding PON Aceh, Ir Nova Iriansyah yang juga Wakil Gubernur Aceh.

Di hadapan kumpulan pimpinan organisasi ujung tombak pembinaan prestasi se-Indonesia tersebut, Nova yang hadir mewakili Pemerintah Aceh mengatakan Aceh-Sumut telah bertekad untuk menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Wagub yakin, Aceh-Sumut memiliki peluang yang sangat besar karena pertamakali dalam sejarah penyelenggaraan PON dua daerah bersatu untuk menjadi host even olahraga paling bergengsi di Nusatara.

“Bagi kami, tampil sebagai tuan rumah PON tidak sekedar menjadi penyelenggara saja, tapi kami ingin menunjukkan bahwa Aceh bagian tak terpisahkan dari NKRI,” kata Wagub seraya menjelaskan Aceh kini telah menjadi daerah yang damai, serta siap menjadi tuan rumah untuk even nasional, dan internasional

Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir MPA menjelaskan, bidding PON XXI tahun 2024 akan dilakukan tepatnya pada 24 April dalam kegiatan Munaslub KONI Indonesia tahun 2018. “Pada tanggal 24 tersebut bidding akan dimulai dengan pemaparan kesiapan calon tuan rumah,” kata Nasir sambil menambahkan ada tiga calon tuan rumah yang mendaftar, yaitu Aceh-Sumut, Bali-NTB dan Kalimantan Selatan.

Usai pemaparan kesiapan calon tuan rumah, kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan saksi-saksi, kemudian pemilihan tuan rumah, penghitungan suara, dan penetapan calon tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Sebagai tambahah, Nasir menjelaskan bahwa pertemuan di Sabang beberapa waktu juga telah menyatukan seluruh provinsi di Pulau Sumatera. “Awalnya dari 10 provinsi, Aceh-Sumut didukung oleh tujuh provinsi di Sumatera. Alhamdulillah, hari ini Sumatera telah bersatu, hal itu dapat dilihat dari penandatanganan Deklarasi Nol Kilometer dimana 10 provinsi di Sumatera ikut membubuhkan tandantangannya,” tutup Nasir.(rel/ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help