Di Tangan Riyan, Buah Nipah Jadi Kuliner Laris

RIYAN tampak kewalahan menerima pesanan jus nipah. Belum selesai menyajikan pesanan pertama sudah datang

Di Tangan Riyan, Buah Nipah Jadi Kuliner Laris
JUS nipah hasil kreasi Riyan siap untuk disuguhkan kepada pelanggan. 

RIYAN tampak kewalahan menerima pesanan jus nipah. Belum selesai menyajikan pesanan pertama sudah datang lagi permintaan pelanggan berikutnya. “Tunggu yah,” katanya sambil melempar senyum ramah kepada pelanggan yang datang ke lapak kuliner buah nipah miliknya.

Riyan bersama Putra berjualan kuliner berbahan dasar buah nipah itu di tenda berukuran 3x3 meter di pinggir pantai Alun-alun depan kantor bupati Aceh Singkil. Ada dua jenis minuman berbahan baku nipah dijajakannya. Jus nipah dan sop buah nipah. Jus nipah disajikan dalam gelas plastik kemasan dijual Rp 8 ribu.

Harga dengan kemasan yang sama berlaku juga untuk sop nipah. Jus nipah dibuat dengan cara mengupas kulitnya, lalu dagingnya yang mirip dengan kolang kaling diblender. Kemudian dicampur air, gula cair, susu serta es. Begitu diseruput langsung terasa segar. Tak mengherankan jika dagangan pemuda lajang asal Pulau Sarok, Singkil, tersebut laris manis.

Saat pameran hari jadi Kabupaten Aceh Singkil, pekan lalu sehari Riyan menghabiskan puluhan tandan buah nipah. Warga tertarik mencicipi jus nipah, lantaran bahannya alami.

Kemudian racikan yang dibuat Riyan, menyajikan cita rasa khas dibanding minuman lainnya. Lebih dari itu bahan baku jus nipah yang dijual Riyan bukan sembarangan. Tetapi diambil dari kawasan Singkil Lama, tempat ekosistem buaya rawa.

“Nipahnya diambil dari Singkil Lama. Awal-awal kami cari sendiri, setelah laris sudah ada warga yang memasok,” ujar Riyan.

Riyan mengatakan, berjualan jus dan sop nipah hasil kreasinya dalam pameran hari jadi ke-19 Aceh Singkil, sebagai ajang uji coba serta perkenalan. Pohon nipah tersebar luas di wilayah Aceh Singkil.

Sayangnya potensi itu, masih terabaikan. Padahal memiliki nilai ekonomis tinggi mulai dari daun, lidi, buah hingga tangkai buah dapat dideres untuk diambil niranya sebagai bahan baku gula.

Memang selain dijadikan jus dan sop buah, belakangan buah nipah juga telah dikembangkan menjadi sirup. Namun masih dalam skala kecil, belum sebanding dengan potensi yang disediakan alam.(dede rosadi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved