Berburu Replika Berlian nan Laris Manis di Pasar Aceh

Bahkan mereka dari kelas menengah tak segan atau risih datang ke counter-counter perhiasan replika itu.

Berburu Replika Berlian nan Laris Manis di Pasar Aceh
SERAMBINEWS.COM/NANI HS
Contoh-contoh perhiasan replika emas, emas putih, dan berlian, koleksi salah satu pedangan aksesoris di Pasar Aceh Baru, Banda Aceh. Selama Ramadhan 1439 ini, aneka perhiasan tersebut sangat diminati pembeli. Selain murah, juga tak jauh beda dengan wujud perhiasan aslinya. 

Laporan Nani HS | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Mengitari  Pasar Aceh, Banda Aceh, selama Ramadhan 1439 ini, memang beda nyata dengan hari biasa.

Sungguh arena jual beli di belakang Masjid Raya Baiturrahman tersebut  padat  pembelanja, dan hampir tidak ada blok-blok yang kosong pelanggannya.  

Apa saja yang dibeli?  Umumnya alas kaki, pakaian, perangkat shalat, dan perhiasan (termasuk jenis imitasi).

Adalah aksesoris replika berlian dan replika emas  putih banyak diminati, kendati yang paling mahal adalah jenis “permata hitam”.

Bahkan mereka dari kelas menengah tak segan atau risih datang ke counter-counter perhiasan replika itu. 

Menurut salah seorang  pedagang yang bercokol di Pasar Aceh Baru,  Ary, peminat dari kelas menengah memang sengaja membeli perhiasan yang imitasi.

Karena menurut komentar dari pelanggannya, untuk apa beli yang asli. Mereka tak merasa perlu investasi di perhiasan asli yang banyak merogoh rupiah.

Baca: Pemko Harus Cari Solusi Untuk Pasar Aceh Baru

Apalagi emas putih yang kalau dijual kembali, banyak menyusut  harganya. Karena tampilan perhiasan replika sekarang sudah  mendekati  warna dan  bentuk aslinya.

“Banyak ibuk-ibuk pejabat yang belanja sama saya lah.  Menurut mereka, biarpun perhiasan imitasi tapi  sepintas mirip aslinya. Apalagi  kalau dipakai  malam hari. Lagi pula sekarang bila aksesorisnya mulai pudar, kan bisa disepuh lagi. Murah lagi. Mereka dengan mengeluarkan uang tidak terlalu banyak sudah bisa membeli beberapa set perhiasan. Kan bisa gonta ganti pakeknya," sebutnya.

Halaman
123
Penulis: Nani HS
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help