Luar Negeri

Mulai 9 Juni 2018, Turis Berpaspor Indonesia Dilarang Masuk Wilayah Israel

Kebijakan luar negeri Indonesia selama ini memang selalu mendukung kemerdekaan Palestina, dan menentang pendudukan Israel.

Mulai 9 Juni 2018, Turis Berpaspor Indonesia Dilarang Masuk Wilayah Israel
net
BENDERA ISRAEL 

SERAMBINEWS.COM, YERUSALEM - Israel melarang turis berpaspor Indonesia memasuki wilayah negara Bangsa Yahudi itu.

Keputusan tersebut diduga kuat diambil sebagai aksi balasan terhadap Pemerintah Indonesia yang menangguhkan visa bagi warga Israel untuk masuk Indonesia, setelah kerusuhan di Gaza beberapa waktu lalu.

Indonesian Pilgrimage Travel Agents Association (IPTA) dalam sebuah pernyataan yang beredar di media sosial menyatakan, alasan Israel melarang masuk turis asal Indonesia merupakan pembalasan karena Pemerintah Indonesia menolak memberikan visa turis kepada warga Israel.

Baca: Penerimaan CPNS 2018 - Daftar Lulusan yang Paling Banyak Direkrut Tahun Ini Menurut BKN RI

Baca: Kompak! Umat Islam dan Kristen di Yerusalem Bersatu Padu Melawan Penindasan Israel

"Permasalahan terjadi akibat adanya beberapa grup Israel yang sudah memegang visa untuk masuk Indonesia, ditolak oleh imigrasi Indonesia dengan alasan masalah politik yang berkaitan erat dengan daerah Gaza," bunyi pernyataan tersebut, Rabu (30/5/2018).

"Sebagai tindak balasan dari Pemerintah Israel maka melalui pengumunan resmi dari pihak berwenang, Israel memutuskan untuk menolak masuk pemegang paspor Indonesia ke Negara Israel per tanggal 9 Juni 2018," sambung pernyataan tersebut.

Larangan warga Indonesia masuk Israel bakal berlaku mulai 9 Juni 2018.

"Kedua negara bekerja sama untuk membuat kerusakan sebanyak mungkin," sindir wakil Ketua Kamar Dagang Israel-Indonesia Emanuel Shahaf.

Baca: Ekonomi Syariah Lebih Berkembang Bersama

Baca: SMP Fatih Tertinggi Nilai UN

Menurut Shahaf, hanya beberapa ribu orang Israel yang mengunjungi Indonesia setiap tahun. Sedangkan jumlah turis Indonesia yang mengunjungi Israel mencapai sekitar 40 ribu per tahun.

Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomasi. Selama ini, turis Indonesia yang ingin berwisata rohani ke Israel umumnya melalui Mesir atau negara penghubung lainnya.

Setiap tahun ribuan umat Muslim dari berbagai negara, termasuk Indonesia, mengunjungi Masjid al-Aqsa dengan visa khusus. Banyak juga umat Kristen Indonesia yang melakukan ziarah ke Yerusalem.

Kebijakan luar negeri Indonesia selama ini memang selalu mendukung kemerdekaan Palestina, dan menentang pendudukan Israel. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Mulai 9 Juni 2018 Warga Indonesia Dilarang Masuk Wilayah Israel

 

Editor: Amirullah
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved