Berbagi Paket Ramadhan di Tengah Intaian Buaya

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh membagikan Paket Ramadhan kepada warga miskin di Kecamatan Kuala Baru

Berbagi Paket Ramadhan di Tengah Intaian Buaya
KAPAL Ramadhan Aksi Cepat Tanggap Aceh berhasil berlayar membelah arus sungai Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (2/6). 

BANDA ACEH - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh membagikan Paket Ramadhan kepada warga miskin di Kecamatan Kuala Baru dan Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil, Sabtu (2/6). Paket sembako itu diserahkan oleh relawan ACT kepada 93 keluarga miskin di desa setempat.

Desa yang menerima bantuan di Kuala Baru yaitu Desa Suka Jaya, Kuala Baru Sungai, Kuala Baru Laut dan Desa Kayu Menang. Sedangkan di Danau Paris diterima oleh warga Desa Napa Galuh.

Perjalanan tim ACT dalam mengantar paket sembako itu tergolong dramatis, karena relawan harus menggunakan sampan, dengan membelah arus sungai Singkil selama satu jam menuju Kuala Baru. Belum lagi risiko diterkam buaya yang memang banyak berkeliaran di sungai tersebut.

Di samping itu, begitu boat telah menepi, para relawan juga harus memikul seluruh paket yang mereka bawa untuk sampai ke desa-desa sasaran.

Namun semua itu tidak menyurutkan langkah dan semangat rim relawan untuk membagi-bagikan Paket Ramadhan. Semua itu risiko dan kelelahan seakan terobati begitu melihat kebahagian terpancar dari wajah-wajah masyarakat penerima bantuan.

Ketua ACT Aceh, Husaini mengatakan, setelah mengunjungi Kuala Baru, di hari yang sama, tim ACT juga mengunjungi Gampong Napa Galuh, Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil. Dengan menempuh perjalanan dua jam, tim ACT disambut masyarakat desa tersebut.

Tiba di Masjid Napa Galuh, masyarakat sudah berkumpul menantikan kedatangan tim ACT. Orang tua, anak-anak hingga pemuda semua berkumpul di desa yang populasi muslimnya hanya 30 persen ini. Desa Napagaluh juga berbatasan langsung dengan Kecamatan Manduamas Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

Di Desa ini tim berbuka puasa dengan dai perbatasan. Ketika baru saja meneguk segelas air. Tiba-tiba listrik mati dan semua menjadi gelap gulita. Tapi khidmat berbuka sedikit pun tidak berkurang.

Setelah berbuka, ACT kembali membagikan Paket Ramadhan untuk masyarakat Kecamatan Danau Paris. Paket yang berupa sembako ini diterima oleh masyarakat penerima manfaat (beneficieriest). Pembagian paket pertama masih dalam keadaan gelap, dan tiba-tiba listrik kembali menyala.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Senyum dari penerima manfaat (beneficieriest) menjadi suntikan semangat bagi kami untuk terus berjuang di jalan kemanusiaan ini,” ujar Husaini.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help