Ulee Lheue-Balohan Masih Sepi

Memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, Selasa (12/6), suasana Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh masih sepi

Ulee Lheue-Balohan Masih Sepi
Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT

* Kapal Beroperasi Normal

BANDA ACEH - Memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, Selasa (12/6), suasana Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh masih sepi dari penumpang. Bahkan jadwal kapal cepat dan kapal lambat masih beroperasi secara normal.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Rusmansyah, kepada Serambi mengatakan, meskipun libur lebaran sudah berlangsung beberapa hari, tapi hingga saat ini belum tampak kesibukan dan kepadatan penumpang. Karena memang pemudik ke Sabang setiap tahunnya sangat minim.

Bahkan, katanya, saat ini hampir semua kendaraan dapat masuk ke kapal dengan lancar tanpa harus mengantre, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan pengangkut sembako. Sedangkan kendaraan pengangkut material memang sudah tidak tampak lagi memasuki pelabuhan.

Kemarin jadwal ke Sabang dilayani dua trip kapal cepat dan tiga trip kapal lambat, yaitu dua kali KMP BRR dan satu kali KMP Tanjung burang. Sedangkan rute ke Pulau Nasi tetap dilayani KMP Papuyu sebanyak satu trip.

“Kalau saya prediksikan, lonjakan melonjaknya penumpang mudik ke Sabang pada H-2 dan H-1 (hari ini dan besok). Selama ini penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue memang didominasi mereka yang keluar dari Sabang,” ujar Rusmansyah.

Ia memperkirakan penumpang akan meningkat setelah lebaran nanti, yaitu mulai H-3 lebaran. Karena tahun ini pemerintah memberlakukan libur panjang, sehingga masyarakat diperkirakan akan memanfaatkan libur panjang itu untuk liburan ke Sabang.

Namun hingga saat ini, mereka belum menyiapkan jadwal kapal khusus untuk liburan setelah lebaran nanti. “Nanti jadwal kapalnya akan kita sesuaikan dengan jumlah penumpang, karena ada kapal cepat juga nanti,” tandasnya.

Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, kemarin meninjau arus mudik di Pelabuhan Ulee Lheue. Nova menanyakan perihal kenyamanan moda transportasi laut pada penumpang yang akan menyeberang dari Banda Aceh ke Sabang. “Mudah-mudahan semuanya aman. Jika ada keluhan dalam semua pelayanan, tolong disampaikan,” kata wagub.

Nova meminta semua stake-holder berkoordinasi dengan baik, sehingga pelayanan yang diterima masyarakat dapat maksimal. Pantauan wagub hingga H-3 Lebaran Idul Fitri, arus mudik dari pelabuhan Ulee Lheue terpantau lancar.

Diperkirakan, kepadatan penumpang bakal terjadi pascalebaran. Penumpukan penumpang bakal terjadi bukan karena arus mudik, melainkan kunjungan wisatawan yang mengagendakan liburan ke Sabang.

Untuk melayani pemudik dan wisatawan, ASDP mengoperasikan dua kapal lambat dan tiga kapal cepat yang akan melayani rute Ulee Lheue-Balohan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help