Pelayaran Mulai Normal

Di tengah prakiraan analis BMKG bahwa cuaca Aceh masih tak bersahabat hingga Jumat (22/6) besok

Pelayaran Mulai Normal
Arus balik lebaran dengan menggunakan kapal laut KM Sabuk Nusantara dari Simeulue ke daratan Aceh, mulai ramai dan lancar. Selain KM Sabuk Nusantara, para pengguna jasa transportasi laut juga bisa menggunakan dua kapal feri yang melayani rute pelayaran di wilayah kepulauan Simeulue, foto direkam Rabu (20/6/2018).SERAMBI/SARI MULIYASNO 

* Di Singkil, Simeulue, dan Calang

SINGKIL - Di tengah prakiraan analis BMKG bahwa cuaca Aceh masih tak bersahabat hingga Jumat (22/6) besok, sejumlah pelayaran rute pendek Kamis kemarin ternyata berlangsung normal karena gelombang laut tak lagi tinggi, seperti dua hari sebelumnya.

Di Singkil, misalnya, pelayaran kapal feri dari Pelabuhan Penyeberangan Aceh Singkil di kawasan Pulau Sarok menuju Pulau Banyak, berlangsung normal. Cuaca di sana mulai membaik setelah dua hingga tiga hari sebelumnya sempat memburuk. Selain didera angin kencang dan hujan deras, gelombang laut pun tinggi mencapai 3-4 meter.

“Alhamdulillah, hari ini cuaca cukup baik, pelayaran kapal feri berjalan normal,” kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Edi Hartono, kepada Serambi, Kamis (21/6).

Hal serupa disampaikan pihak Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Singkil bahwa jadwal pelayaran yang dilayani pihak ASDP kemarin berjalan normal. Termasuk kapal feri dari Simeulue menuju Singkil pun telah berlayar tanpa hantaman gelombang besar. Kendati demikian, pihak ASDP menyatakan tetap memperhatikan kondisi cuaca.

Sehari-hari Pelabuhan Penyeberangan Aceh Singkil melayani pelayaran rute Singkil-Pulau Banyak, Singkil-Simeulue, Singkil-Nias, dan sebaliknya. Pelayaran di kawasan ini, antara lain, dilayani oleh KMP Teluk Singkil dan KMP Labuhan Haji.

Di Simeulue pun normal
Cuaca yang sebelumnya ekstrem sehingga memicu gelombang tinggi di perairan Simelue, kemarin mulai kondusif. Buktinya, dua kapal feri mulai beroperasi seperti biasa di wilayah kepulauan itu.

Pantauan Serambi, Kamis (21/6) di Pelabuhan Penyeberangan Laut, Simeulue Timur, satu kapal feri sudah berlayar menuju Aceh Singkil. Kapal tersebut seyogianya berlayar Rabu (20/6) malam, tapi karena faktor cuaca maka kapal feri diberangkatkan Kamis pagi.

Sementara itu, calon penumpang dan kendaraan tak lagi terjadi penumpukan. Hanya belasan kendaraan saja yang terlihat berada di area pelabuhan penyeberangan.

Staf Operasional ASDP Perwakilan Simeulue, M Aulia Tinambunan, kepada Serambi mengatakan, jadwal pelayaran saat ini masih situasional sifatnya. Kalau tak bisa berlayarar malam seperti biasa maka kapal akan diberangkatkan pagi hari.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved