Dini Hari, Ribuan Warga Sambut UAS di Sibreh

Ribuan warga memadati halaman Masjid Baitul Makmur, Sibreh, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar

Dini Hari, Ribuan Warga Sambut UAS di Sibreh
kolase Serambinews.com
Kolase foto Ustaz Abdul Somad dan kebun kurma di Aceh. 

JANTHO - Ribuan warga memadati halaman Masjid Baitul Makmur, Sibreh, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, Selasa (3/7) dini hari. Mereka menyambut kedatangan Ustad Abdul Somad (UAS) yang memberikan ceramah di tempat tersebut.

Kedatangan ustad kondang asal Riau tersebut sempat tertunda, karena delay pesawat yang ditumpanginya menuju Aceh. Awalnya, UAS dijadwalkan tiba di Sibreh untuk menyampaikan ceramah pukul 22.00 WIB. Tapi, karena pesawat delay, ia baru terbang dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara ke Bandara SIM, Blang bintang, Aceh Besar, Senin (2/7) pukul 23.30 WIB. Ia mendarat di Blangbintang pukul 00.20 WIB dan langsung menuju Masjid Baitul Makmur Sibreh.

Ia tiba di Sibreh pukul 00.45 WIB, ia datang disambut dengan shalawat badar oleh ribuan jamaah yang hadir. Beberapa menit kemudian, ia langsung memberikan tausyiah. Ketua Panitia, Muhibuddin yang akrab disapa Ucok Sibreh mengatakan, keterlambatan kedatangan UAS karena pesawat delay, sehingga panitia harus menggeser jadwal. Namun, kata Ucok, meskipun bergeser waktu kedatangan hingga dini hari, ribuan warga tetap bersabar dan antusias menyambut kedatangan ulama lulusan Mesir dan Maroko itu.

Pantauan Serambi, warga dari sejumlah kecamatan di Aceh Besar sudah mulai berdatangan ke Sibreh. Sebagian diantaranya datang bersama rombongan dengan mobil bak terbuka. Mereka memadati halaman masjid, mulai dari laki-laki, perempuan, hingga anak anak.

Karena halaman masjid yang tidak mampu menampung semua jamaah dakwah, warga membludak hingga ke badan jalan di sekeliling masjid.

Untuk mengisi waktu kosong karena terlambat kedatangan UAS. Panitia mengisi acara dengan penampilan syair Islami, tilawah al-Quran oleh Takdir Feriza dan sejumlah qari lainnya. Ceramah pembukaan disampaikan oleh Tgk H Faisal Ali yang akrab disapa Abu Sibreh alias Lem Faisal selaku penanggungjawab Tabligh Akbar.

Karena pesawat delay tersebut, sehingga ulama Aceh mewacanakan pembelian pesawat sendiri untuk kebutuhan dakwah ke depan. Mereka ingin mengulang sifat kedermawanan muslim Aceh seperti saat membeli pesawat Dakota RI-001 Seulawah atau Indonesian Airways 001.

Tgk H Faisal Ali selaku penanggungjawab Tabligh Akbar di Sibreh mengatakan, rencana besar itu bukan karena kasus keterlambatan Ustad Abdul Somad ke daerahnya, namun sudah jauh-jauh hari wacanakan. “Saya pikir, ini momen yang paling tepat, kita bantu dakwah Islam agar berjalan lancar. Bayangkan ribuan warga larut dalam kekecewaan,” terang Lem Faisal.

Tim Tafaquh dan Ketua IKAT Aceh, Ustad Fadhil Rahmi yang ikut menjemput UAS di Bandara SIM Blang Bintang mengatakan, ia sangat mendukung dan yakin rencana pembelian pesawat itu akan terwujud. “Dan di Aceh, saya tidak meragukan sedikitpun rencana mulia itu. Pendahulu kita sudah berbuat, tentunya kita juga mesti berbuat untuk menolong dai yang berdakwah seluruh nusantara hingga Asia Tenggara, bahkan dunia,” ujarnya. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved