Bermain Sambil Belajar dengan Si Gemes, Game Edukasi Karya Satlantas Aceh Besar 

Aplikasi itu diciptakan untuk memberi kemudahan masyarakat mengakses informasi dan edukasi tentang lalu lintas.

Bermain Sambil Belajar dengan Si Gemes, Game Edukasi Karya Satlantas Aceh Besar 
ist
Game yang kini tersedia di Play Store itu bernama ‘Si Gemes’, singkatan dari Sistem Informasi dan Games Edukasi Satlantas Aceh Besar.

Laporan Eddy Fitriady | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Besar (Abes) meluncurkan game edukasi lalu lintas berbasis android pada ajang Aceh Police Expo II, 5 sampai 9 Juli 2018 di Blang Padang, Banda Aceh. 

Game yang kini tersedia di Play Store itu bernama ‘Si Gemes’, yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi dan Games Edukasi Satlantas Aceh Besar.

Dengan game ini, kamu bisa bermain tebak rambu dengan pilihan jawaban multiple choice. Selain itu juga bisa belajar aneka rambu lalu lintas yang menunjukkan banyak satwa, larangan masuk, jalan licin, dan lainnya. 

Baca: Film ‘Persepsi’ Satlantas Aceh Besar Raih Juara II di Police Movie Festival 2018

Kapolres Aceh Besar, AKBP Drs Heru Suprihasto SH melalui Kasat Lantas, AKP Vifa Fibriana Sari SIK kepada Serambinews.com, Rabu (11/7/2018) mengatakan, game edukasi itu dapat diunduh secara gratis.

Aplikasi itu diciptakan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi dan edukasi tentang lalu lintas. 

“Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mempelajari rambu-rambu lalu lintas, dan menguji pemahamannya lewat game tebak rambu,” ujar Vifa.

Baca: Polantas Abdya Bagi-bagi Takjil kepada Pengendara

Selain menambah pengetahuan masyarakat, lanjutnya, aplikasi tersebut juga berguna sebagai fasilitas hiburan yang dapat dinikmati semua kalangan.

AKP Vifa mengungkapkan, Si Gemes juga memiliki satu fitur ‘Ujian SIM’ yang menjadi media pembelajaran secara teori bagi masyarakat, sebelum membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Namun fitur tersebut saat ini belum bisa diakses, karena masih dalam pengembangan konten (update). “Pengerjaan game ini baru dua minggu, jadi sistemnya baru rampung 80 persen. Tapi sebagian besar sudah dapat dimainkan,” jelasnya.    

Kasat Lantas Vifa Fibriana berharap Si Gemes dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Aceh. “Semoga terobosan kreatif kami ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved