Tiga Anggota DPRK Abdya Terancam PAW, Ini Penyebabnya

Pasalnya, tiga anggota DPRK itu, merupakan bakal calon legislatif (baceleg) yang telah berpindah partai atau 'loncat pagar' ke partai lain.

Tiga Anggota DPRK Abdya Terancam PAW, Ini Penyebabnya
TRIBUN MANADO
Ilustrasi PAW 

Laporan Rahmat Saputra | Abdya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Sebanyak tiga anggota DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan terancam dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Pasalnya, tiga anggota DPRK itu, merupakan bakal calon legislatif (baceleg) yang telah berpindah partai atau 'loncat pagar' ke partai lain untuk maju pada Pileg 2019.

"Sampai saat ini, mereka belum melampirkan surat penguduran diri pada kita. Tiga bacaleg itu, Zulkarnaini dari Gerindra pindah ke PKB, Mukhlis AW dari PKPI pindah jadi bacaleg PNA dan Syarifuddin UB dari PA pindah jadi bacaleg Partai Demokrat," ujar Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KIP Abdya, Agus Mudaksir SH kepada Serambinews.com.

Menurutnya, pada 21 Juli ini, pihaknya akan menyurati ketiga partai yang mengajukan mereka itu segera melampirkan surat pengunduran diri, yang diajukan kepada Partai dan pimpinan DPRK Abdya.

Baca: DPRA PAW 12 Anggota

Surat itu, akan diterima KIP Abdya sejak 22 Juli atau paling lambat 31 Juli, pada masa perbaikan.

"Jika tidak dilampirkan, maka calon tersebut gugur. Mereka juga tidak bisa kita tetapkan sebagai daftar calon sementara pada 8-12 Agustus," tegasnya.

Namun, sambungnya, setelah surat pengunduran diri itu diserahkkan dengan melalmpirkan buktisurat tanda terima dari partai sebelumnya dan pimpinan DPRK.

Selanjutnya, pada 19 September, tiga calon itu harus melampirkan surat pemberhentian dari partai dan pengusulan PAW.

"Kalau tidak dilampirkan pada 19 September itu, mereka tidak bisa kita tetapkan sebagai calon tetap atau gugur," terangnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved