Gerhana Bulan Total 2018

VIDEO - Panduan Atau Tata Cara Shalat Gerhana Bulan

Shalat sunah ini terbilang sunah muakkad. Khutbah shalat gerhana juga tidak dianjurkan takbir sebagaimana khutbah shalat Id.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sesuai pengkajian ilmu falak, gerhana bulan total terlama abad ini akan terjadi dinihari nanti, mulai pukul 01.25-05.19 WIB.

Bila saat itu cuaca langit cerah, masyarakat Aceh akan bisa melihat gerhana bulan terakhir pada tahun ini, dalam rentang waktu tiga jam 54 menit atau hampir 4 jam.

Sebagaimana diketahui, saat gerhana terjadi, kaum muslimin disunnahkan untuk melakukan salat Khusuf atau Kusuf (shalat gerhana).

(Baca: Shalat Gerhana, Ini Asal Usul Perintahnya)

(Baca: Ulama Serukan Shalat Khusuf)

Maka sangat disayangkan jika kesempatan ini dibiarkan lewat begitu saja. Apalagi, berdasarkan literatur, Islam adalah satu-satunya agama yang menganjurkan umatnya melaksanakan ibadah (shalat) saat gerhana terjadi.

Untuk memberikan panduan bagi kaum muslimin yang ingin melaksanakan shalat gerhana (shalat Khusuf), Serambi TV (Serambitv.com) membuat sebuah video berisi panduan (tutorial) tentang tata cara shalat gerhana (shalat Khusuf). 

Video tutorial ini dibuat berdasarkan sumber tulisan "Tata Cara Shalat Gerhana Bulan" di laman nu.or.id.

Berikut urutannya.

1. Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram

2. Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati

3. Baca taawudz dan Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat Al-Baqarah atau surat lain yang durasinya sama dengan surat Al-Baqarah (dibaca dengan jahar/lantang).

(Baca: Gerhana Bulan 28 Juli - 13 Tata Cara Shalat Gerhana, Ada Perbedaan Kecil dari Shalat Lainnya)

(Baca: VIDEO - Gerhana Bulan Total, Kakemenag Aceh Siapkan 8 Teleskop)

Halaman
123
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved