INFO HAJI 2018

Jamaah Haji Asal Aceh Mulai Terima Dana Baitul Asyi, Totalnya Lebih 20 Miliar Rupiah

Penyerahan dana waqaf itu telah dipusatkan di masing-masing pemondokan yang ditempati jamaah Aceh, mulai Senin 6 Agustus 2018 lalu.

Jamaah Haji Asal Aceh Mulai Terima Dana Baitul Asyi, Totalnya Lebih 20 Miliar Rupiah
IST
Nadzir Wakaf Baitul Asyi Dr Abdullatif Baltho (tengah) didampingi ulama asal Aceh, membagikan dana Baitul Asyi kepada jamaah haji kloter 2 dan 3 asal Aceh di Hotel Al Kiswah Tower Hotel, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (8/8/2018) 

SERAMBINEWS.COM - Jamaah haji asal Provinsi Aceh tahun 2018, mulai menerima dana hasil usaha wakaf Baitul Asyi di Arab Saudi.

Pembagian dana wakaf Baitul Asyi kepada jamaah haji asal Aceh ini, sudah berlangsung sejak satu dekade silam.

Salah satu jamaah haji asal Aceh, Zulkarnain Jalil, kepada Serambinews.com, Rabu (8/8/2018) melaporkan, dana hasil usaha wakaf Baitul Asyi itu mulai disalurkan oleh Nazir Waqaf Baitul Asyi kepada seluruh jamaah haji asal Aceh, mulai Senin 6 Agustus 2018.

“Hari ini, Rabu(08/08), pembagian dana Baitul Asyi berlangsung di Hotel Al Kiswah Tower Hotel, tempat jamaah haji kloter 2 dan 3 menginap,” kata Zulkarnain Jalil.

(Baca: Bupati Aceh Jaya Beri Uang Riyal Saat Pelepasan Jamaah Calon Haji)

(Baca: Jamaah Calon Haji Aceh Kloter 1 Tiba di Tanah Suci)

Menurutnya, kegiatan penyerahan dana waqaf itu telah dipusatkan di masing-masing pemondokan yang ditempati jamaah Aceh, mulai Senin 6 Agustus 2018 lalu.

Adapun besaran uang wakaf yang diterima tiap jamaah tahun ini adalah 1.200 Riyal atau sekitar Rp 4,6 juta.

“Total dana wakaf yang dikeluarkan tahun ini sebesar Rp 20.286.000.000,” ujar Jamaluddin Affan, Petugas Penghubung Pemerintah Aceh di Mekkah, seperti dikutip Zulkarnain Jalil.

Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala ini menambahkan, penyerahan dana wakaf ini dilakukan langsung oleh Nadzir Wakaf Baitul Asyi Dr Abdullatif Baltho.

Jamaah haji kloter 2 dan 3 asal Aceh pada kegiatan pembagian dana Baitul Asyi di Hotel Al Kiswah Tower Hotel, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (8/8/2018)
Jamaah haji kloter 2 dan 3 asal Aceh pada kegiatan pembagian dana Baitul Asyi di Hotel Al Kiswah Tower Hotel, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (8/8/2018) (IST)

(Baca: Viral! Muslim Asal Jepang Kumpulkan Sampah Saat Ibadah Haji, Netizen Puji Aksinya)

(Baca: 116 WNI Calon Haji Ditangkap Pihak Keamanan Arab Saudi karena Berangkat Melalui Jalur Ilegal)

Sementara dari pihak Aceh diwakili Sekda Aceh Drs. Teuku Darmawan, MM, ditemani tokoh ulama Aceh seperti Drs H Muhammad Ismi alias Abu Madinah dan Waled Abdul Muthaleb.

Syaikh Abdullatif Baltho mengimbau kepada jamaah haji agar selama di Makkah selalu mendekatkan diri kepada Allah, serta memanfaatkan waktu emas ini untuk menyibukkan diri beribadah kepada Allah dengan sungguh sungguh.

“Jangan lewatkan satu detik pun tanpa beribadah kepada Allah. Saudara telah datang dari jauh dengan susah payah,” katanya.

(Baca: Daftar Tunggu Haji Aceh Masih 25 Tahun)

Sementara itu Sekda Aceh dalam sambutan meminta agar pihak Aceh dapat mengambil pelajaran dari cara pemerintah Saudi dalam mengelola dana waqaf.

Menurutnya, di Aceh sangat banyak dana waqaf yang tersebar hingga ke desa desa, namun sebagian besar pengelolaannya masih konvensional.

Distribusi dana wakaf ini akan berlangsung setiap hari hingga Kloter 12, Kamis (16/8/2018) mendatang.(*)

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved