Satu JCH Aceh Tengah Sakit

Seorang jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Aceh Tengah, Maryam Sari Tahar keberangkatany menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah

Satu JCH Aceh Tengah Sakit
SERAMBI/M ANSHAR
Petugas Porleb Embarkasi Aceh menimbang berat tas Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter I asal Kabupaten Pidie saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh, Jumat (3/8/2018). SERAMBI/M ANSHAR 

* Keberangkatan Ditunda Tahun Depan

TAKENGON - Seorang jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Aceh Tengah, Maryam Sari Tahar keberangkatany menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dktunda, lantaran kondisi kesehatan. Direncanakan, jika kesehatannya membaik, maka tahun depan bisa melaksanakan ibadah haji.

Maryam Sari Tahar seharusnya berangkat menuju tanah suci bersama 132 JCH lainnya melalui Kelompok Terbang (Kloter) 6, bergabung dengan JCH asal Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara dan Kota Banda Aceh. Namun karena faktor kesehatan, keberangkatannya ditunda.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Tengah, Amrun Saleh, kepada Serambi, Jumat (10/8) membenarkan tentang adanya seorang JCH yang ditunda berangkat karena sedang sakit. “Bukan gagal berangkat, tapi ditunda keberangkatannya, karena kalau gagal, berarti tidak bisa ikuta sama sekali,” kata Amrun Saleh.

Baca: Shahibul Qurban Dilarang Potong Kuku dan Rambut, Ini Hikmahnya

Dia menjelaskan, seorang JCH Aceh Tengah yang ditunda berangkat, masih ada kesempatan untuk mengikuti ibadah haji tahun depan, bila kondisi kesehatannya sudah baik dan bisa menjalankan ibadah haji. “Makanya kita sebut ditunda bukan gagal, karena tahun depan masih bisa ikut berhaji. Dengan catatan, kalau kondisinya sudah sehat,” tuturnya.

Penundaan tersebut, lanjutnya, juga sudah disepakati oleh pihak keluarga JCH tersebut, karena memang tidak bisa dipaksakan untuk berangkat menuju tanah suci. “Kondisinya sedang sakit. Jadi, tidak bisa dipaksakan untuk menjalankan ibadah. Apalagi nanti sudah berada di tanah suci,” jelas Amrun Saleh.

Ditundanya seorang jamaah asal Aceh Tengah untuk menunaikan ibadah haji, sehingga jumlah JCH yang berangkat menuju tanah suci Mekkah berjumlah 132 orang. Jamaah tertua asal Aceh Tengah, Banta Berani Abubakar (82) dan termuda Muhammad Salihin Ismail (27). “Kamis pagi kemarin, seluruh JCH kloter 6 sudah berangkat ke tanah suci dan semuanya dalam kondisi baik,” pungkasnya.

JCH Galus Dilepas
Bupati Gayo Lues (Galus) Muhammad Amru melepas 42 jamaah calon haji (JCH) di Masjid Agung As-Shalihin, Blangkejeren pada Jumat (10/8) pagi. JCH Galus bergabung dalam kloter 9 bersama Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Singkil dan Subulussalam dengan sebutan sebagai ‘kloter pelangi’.

Para JCH Galus ini juga disambut Pemkab Bener Meriah saat beristirahat di kabupaten itu, termasuk menghadiri jamuan makan malam. Sedangkan Plt Bupati Bener Meriah, Abuya Sarkawi telah terbang ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji bersama istri, diantara 143 JCH Bener Meriah dan telah berangkat ke tanah suci pada Kamis (9/8).

Seusai jamuan makam malam pada Jumat (10/8) malam, JCH Galus bersama rombongan berangkat ke Banda Aceh untuk masuk asrama haji pada Sabtu (11/8) pukul 08.00 WIB.

Bupati Galus M Amru dalam amanatnya mengatakan para JCH agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang dapat mengurangi nilai ibadah haji. Tetapi, harus mengedepankan kesabaran dan berdoa selama menjalankan ibadah haji, sehingga bisa menjadi haji dan hajjah mabrur.

“Berhaji bukan saja sekedar menjalankan ibadah dan rukun Islam kelima, tetapi juga sebagai duta bangsa di tanah suci,” sebut Amru. Dia juga berpesan, tetap dapat menjaga nama baik daerah dan selalu menjaga kekompakan selama di tanah suci Mekkah.

Kepala Kakemenag Blangkejeren, Maiyusri, Sabtu (4/8) lalu mengatakan JCH Galus itu sebanyak 42 orang, ditambah petugas TPHD 2 orang. Dari 42 JCH, terdiri dari 18 laki-laki dan 24 perempuan.(my/c40)

jch aceh tengah
* Berjumlah 132 orang
* Satu orang jatuh sakit
* Keberangkatan ditunda
* Tahun depan bisa berhaji
* Jika kesehatan membaik

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help