Luar Negeri

India Tengah Kembangkan Jet Tempur Siluman Generasi Kelima, Bisa Beroperasi Penuh pada 2032

Pesawat jet tempur baru buatan India, Advance Medium Combat Aircraft (AMCA), diharapkan sudah bisa beroperasi penuh pada 2032.

India Tengah Kembangkan Jet Tempur Siluman Generasi Kelima, Bisa Beroperasi Penuh pada 2032
Pesawat tempur ringan (LCA) Tejas buatan India yang sudah digunakan angkatan udara negara itu. Kini India tengah mengembangkan jet tempur siluman generasi kelima.(Wikipedia) 

SERAMBINEWS.COM, NEW DELHI - Pesawat jet tempur baru buatan India, Advance Medium Combat Aircraft (AMCA), diharapkan sudah bisa beroperasi penuh pada 2032.

"AMCA akan dilengkapi sistem siluman geometrik dan akan menggunakan dua mesin GE-414. Saat kami sudah mengembangkan mesin sendiri, maka mesin itu bisa diganti," kata seorang sumber di Kementerian Pertahanan India.

"Kami harap penerbangan perdana bisa dilakukan pada 2032," tambah sumber itu.

Sumber itu melanjutkan, terdapat dua jenis sistem "siluman" untuk sebuah pesawat tempur yaitu geometrik dan meterial.

"Dalam sistem siluman geometrik, bentuk pesawat dirancang dengan sudut tertentu untuk membelokkan semaksimal mungkin gelombang radar sehingga pesawat ini sulit dilacak," ujar dia.

Sedangkan dalam sistem materil siluman maka dalam pembuatan digunakan bahan yang bisa menyerap gelombang radar sehingga mengurangi jejak radar.

"Awalknya AMCA berbasis sistem siluman geometrik, kami akan mengembangkan sistem material silumannya di tahap berikut," tambah sumber itu.

AU India bahkan sudah menyediakan lahan bagi Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan untuk membangun fasilitas proyek ini.

Rencana itu adalah membangun kapabilitas dan keahlian dalam pengembangan pesawat tempur ringan (LCA) dan memproduksi pesawat tempur generasi kelima.

"Di samping teknologi yang dikembangkan dari proyek LCA, program baru ini amat penting karena perkebangan teknologi yang digunakan dalam proye AMCA," tambang sang sumber.

Ini adalah satu-satunya proyek pengembangan jet tempur generasi kelima setelah menghentikan kerja sama dengan Rusia.(*)

Baca: Pria Ini Tepergok Curi Laptop Penumpang Malaysia Airlines di Kabin Pesawat, Lihat Videonya di Sini

Baca: Warga Suak Puntong Demo PT Mifa dan PLTU Nagan Raya, Tuntut Ganti Rugi Rumah dan Tanah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "India Tengah Kembangkan Jet Tempur Siluman Generasi Kelima"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved