Kadisdik Aceh Minta Pengawas Sekolah Mampu Menjadi Penjamin Mutu Internal

Pengawas sekolah sesungguhnya memiliki peran penting dan sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah-sekolah

Kadisdik Aceh Minta Pengawas Sekolah Mampu Menjadi Penjamin Mutu Internal
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd membuka Workshop Kurikulum 2013 (K13) yang diikuti 23 Pengawas Sekolah SMA se Aceh. Workshop berlangsung di Grand Aceh Hotel, Banda Aceh, Jumat - Minggu (07-09/09/2018) 

Laporan M Nasir Yusuf I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pengawas sekolah jenjang SMA diminta mampu menjadi salah satu Penjamin Mutu Internal di lembaga pendidikan di Tanah Rencong.

Pengawas sekolah sesungguhnya memiliki peran penting dan sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah-sekolah, khususnya dalam implementasi K-13 baik dari segi manajerial maupun akademik.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin M.Pd, ketika membuka Workshop Pengawas Sekolah jenjang SMA yang berlangsung Jumat (7/9/2018) di Banda Aceh.

Baca: VIRAL! Ikut Karyawisata Sekolah, Remaja Ini Tak Sengaja Bertemu Ayahnya di Penjara

Dikatakan, meski pengawasan proses pembelajaran di sekolah-sekolah dilakukan oleh kepala satuan pendidikan, namun peran di sekolah-sekolahtetap penting, terutama dalam melakukan pengawasan yang menyangkut peningkatan mutu dalam bentuk supervisi akademik dan manajerial.

Karena itu, tegas Syaridin, jelas bahwa pengawas sekolah berperan penting dalam implementasi Kurikulum 2013 (K-13).

Dan untuk itu pengawas sekolah perlu menguasai substansi dan program pembinaan implementasi Kurikulum 2013 (K-13) sebelum mereka bertugas ke sekolah-sekolah.

Baca: Ini Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Aceh Besar yang Dilantik

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK), Zulkifli, M.Pd, mengatakan kegiatan workshop tersebut diikuti sebanyak 23 orang pengawas dari 23 Kabupaten/Kota se Aceh.

“Kita berharap dengan worshop ini, para pengawas nantinya ketika terjun ke sekolah-sekolah bisa memberikan motivasi terhadap guru bidang studi tentang Kurikulum 2013,” tegasnya kepada Serambinews.com, Sabtu (8/9/2018).

Workshop yang berlangsung selama tiga hari itu, tampil sebagai pemateri, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin M.Pd, dan unsur pengawas yang sudah mengikuti workshop pembinaan program implementasi Kurikulum 2013 SMA tingkat nasional.(*)

Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved