Kawanan Sapi dan Kambing Berkeliaran di Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur, Ini Imbauan Satpol PP

Satpol PP bersama dinas terkait akan melakukan tindakan penertiban, dan akan mengenakan sanksi bagi pemilik ternak yang melanggar.

Kawanan Sapi dan Kambing Berkeliaran di Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur, Ini Imbauan Satpol PP
IST
Petugas Satpol PP Aceh Timur, berusaha mengamankan hewan ternak yang berkeliaran di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Aceh Timur, Senin (10/9). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS. COM, IDI - Satpol PP Aceh Timur mengimbau pemilik ternak di Aceh Timur, khususnya pemilik ternak di sekeliling Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Aceh Timur, agar tidak melepas ternaknya sembarangan.

Imbaun ini disampaikan Kabid Trantib Satpol PP Aceh Timur, T Amran, menyusul selama ini seringnya ternak sapi, dan kambing berkeliaran di kawasan Puspemkab Aceh Timur sehingga mengganggu ketertiban umum.

Selama ini, kata Kabid Trantib Satpol PP Aceh Timur, ini pihaknya sudah sering mengimbau pemilik ternak agar tidak melepas ternaknya, tapi tak diindahkan.

“Karena itu Senin kemarin kita mendatangi pemilik hewan ternak dan memohon agar ternaknya tidak dilepas. Sebaliknya dipelihara sebagaimana mestinya sehingga tidak mengganggu ketertiban umum,” ungkap T Amran.

(Ternak Berkeliaran Bebas Ditangkap)

(Ternak Berkeliaran akan Didenda)

Kabid Trantib Satpol PP Aceh Timur,  T Amran, didampingi anggotanya memberikan arahan kepada warga agar tidak melepas ternaknya karena dapat mengganggu ketertiban umum, Senin (10/9/2018).
Kabid Trantib Satpol PP Aceh Timur, T Amran, didampingi anggotanya memberikan arahan kepada warga agar tidak melepas ternaknya karena dapat mengganggu ketertiban umum, Senin (10/9/2018). (IST)

Ia mengatakan, selama ini hewan yang sering berkeliaran di kawasan Puspemkab Atim merupakan milik warga sekitar.

Sesuai Qanun Pemkab Aceh Timur, Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Penertiban Hewan Ternak, jelas T Amran, pemilik ternak dilarang melepas hewan ternaknya di tempat yang mengganggu ketertiban umum.

“Karena itu kita imbau pemilik ternak agar memelihara hewan ternaknya dan mengamankannya dalam kandang yang memenuhi syarat, atau diikat sehingga tidak berkeliaran,” imbau T Amran.

(Pemkab Aceh Timur Buka Pengajuan Bantuan Beasiswa, Ini Persyaratannya)

Ditambahkan, imbauan ini bertujuan untuk mewujudkan Aceh Timur, yang bersih, indah, dan nyaman sehingga selaras dengan penerapan Syariat Islam.

Bagi yang melanggar imbauan ini, jelas Amran, maka Satpol PP bersama dinas terkait akan melakukan tindakan penertiban, dan akan mengenakan sanksi bagi pemilik ternak yang melanggar.

Sanksi diterapkan sesuai dengan ketentuan qanun ini.(*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved