Raih Dua Gelar Juara I, Aceh Ranking 7 MTQN

Sebanyak sepuluh peserta dari Aceh meraih juara baik juara I, II, maupun III pada MTQ Nasional Ke-27 di Medan, Sumatera Utara

Raih Dua Gelar Juara I, Aceh Ranking 7 MTQN
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
WAKIL Presiden RI, HM Jusuf Kalla, menabuh beduk saat menutup MTQN Ke-27, di Gedung Serbaguna Deli Serdang, Sumatera Utara, tadi malam. Anggota Kafilah Aceh yang meraih juara foto bersama seusai menerima piala pada acara penutupan di arena utama (kanan).SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS 

MEDAN - Sebanyak sepuluh peserta dari Aceh meraih juara baik juara I, II, maupun III pada MTQ Nasional Ke-27 di Medan, Sumatera Utara yang berakhir Jumat (12/10) malam dan ditutup resmi oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla. Kafilah Tanah Rencong bertengger pada ranking 7 dalam MTQN kali ini, satu peringkat lebih tinggi dibanding ranking yang diraih kafilah Aceh pada MTQN Ke-26 di Nusa Tenggara Barat dua tahun lalu.

Dua cabang MTQ dari Aceh kali ini meraih juara I, masing-masing cabang syarhil Quran putri yang terdiri atas Intan Novia ZK, Izzatul Muna, dan Mildawati serta M Ikram Abdul Aziz untuk tafsir bahasa Arab putra.

Juara II masing-masing diraih Sahula Ruzni (cabang qiraah sab’ah remaja putri), Najwatul Ulfa (cabang tartil putri), Masnaria Dewi Rahmah (cabang tafsir bahasa Inggris putri), dan Arsy Yallah (cabang tahfiz Quran 5 juz).

Selanjutnya, peserta yang meraih juara III adalah Ahmad Muzayyinul Asyir (cabang qiraah sab’ah remaja putra) dan Syech Marzawi (cabang khattil Quran golongan hiasan mushaf putra).

Selain itu, ada 15 peserta lainnya dari Aceh yang meraih juara harapan, yakni Ammar Fathani (tilawah anak-anak putra), Muhammad Hafiz, Arif Maulana, dan Khalil Qusyairi (cabang fahmil Quran putra), serta Rahmawati (cabang khattil Quran mushaf putri) yang meraih juara harapan I.

Kemudian, Romi Saputra (cabang qiraah murattal dewasa putra), Nonong Sasmita (cabang qiraah murattal dewasa putri), Muhammad Rajul Fuzary (hafiz 10 juz putra), dan Muhammad Rizki Ananda (hafiz 20 juz putra), Akbar Miswari, M Khamal Kharazi, dan M Haikal (syarhil Quran putra) yang meraih juara harapan II.

Terakhir, Mauliza Juliantika (hafiz 30 juz putri), Khairullah (cabang khattil dekorasi putra), dan Aslim (cabang tafsir bahasa Inggris putra) meraih juara harapan III.

Dengan prestasi dua orang juara I, empat juara II, dan dua orang juara III maka kafilah Aceh menduduki peringkat ketujuh pada MTQN tahun ini. Artinya, naik satu peringkat dibanding prestasi yang diraih pada MTQN Ke-26 di NTB dua tahun lalu. “Selain itu, peserta dari Aceh yang meraih kejuaraaan kali ini jumlahnya lebih banyak,” kata Sekretaris Kafilah MTQN Provinsi Aceh, Drs Tgk Ridwan Johan yang didampingi Ustaz Mardhatillah selaku koordinator pelatih.

DKI juara umum
Dewan hakim tadi malam juga mengumumkan bahwa Juara Umum MTQN tahun ini adalah kafilah DKI, disusul Provinsi Banten, dan di urutan ketiga kafilah tuan rumah, Sumatera Utara. Di posisi keempat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), lima Jawa Timur, enam diraih Riau dan Jawa Barat (karena nilainya sama), tujuh Provinsi Aceh, dan di bawahnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Terakhir NTB dan Kalimantan Selatan di urutan kesepuluh.

Kepala Dinas Syariat Islam, Dr H EMK Alidar MHum selaku Ketua Kafilah Provinsi Aceh kepada Serambi mengatakan, kafilah Aceh dalam MTQN kali ini membawa 56 peserta. Dari jumlah tersebut beberapa peserta meraih juara I, II, dan III, serta ada 15 peserta yang meraih juara harapan. “Usaha para peserta--didukung berbagai pihak, mulai dari pelatih dan unsur lainnya, termasuk doa seluruh masyarakat Aceh--dapat disebut sukses. Kesungguhan para peserta membuahkan hasil sehingga kita berada di peringkat ketujuh tahun ini,” kata Alidar.

Acara penutupan tadi malam dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan sambutan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Dilanjutkan dengan penayangan kaleidoskop MTQ Sumatera Utara. Kemudian pembacaan keputusan dewan juri nasional.

Wapres Jusuf Kalla menyerahkan langsung piala bergilir juara umum kepada Ketua Kafilah DKI, sedangkan untuk juara lainnya dilakukan seusai Wapres menyampaikan pidato sambutan. (yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved