Untuk Lunasi Utang Dana Kampanye, Bupati Malang Terima Suap Rp3,45 Miliar

Uang suap sebanyak Rp3,4 Miliar itu ia terima demi membayar utang pembiayaan kampanye saat maju menjadi Bupati Malang periode 2010-2015.

Untuk Lunasi Utang Dana Kampanye, Bupati Malang Terima Suap Rp3,45 Miliar
Malangkab.go.id
Bupati Malang 

SERAMBINEWS.COM - Bupati Malang, Rendra Kresna (RK), resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan di Dinas Pendidikan Pemkab Malang oleh KPK.

Uang suap sebanyak Rp3,4 Miliar itu ia terima demi membayar utang pembiayaan kampanye saat maju menjadi Bupati Malang periode 2010-2015.

"Setelah menjabat bupati, dilakukan proses pengumpulan fee proyek di Kabupaten Malang, untuk kebutuhan pembiayaan utang dana kampanye yang sudah dikeluarkan sebelumnya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018) dikutip dari Wartakotalive.com.

Rendra Kresna menerima uang suap tersebut dari pihak swasta bernama Ali Murtopo (AM).

Baca: Presiden Putin ke Khabib: Jika Kita Diserang, Kirim Mereka ke Neraka

Ali merupakan tim sukses Rendra Kresna saat berkampanye di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2010.

Saut Situmorang menerangkan, salah satu yang menjadi perhatian Rendra Kresna dan kawan-kawan adalah proyek di Dinas Pendidikan, yang saat itu mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Bidang Pendidikan di Tahun 2010, 2011, 2012, dan 2013.

Baca: Ini Alasan Akmal Ibrahim Mendirikan Pabrik Pakan Kapasitas 3 Ton Per Jam

Khususnya, proyek pengadaan buku dan alat peraga pendidikan tingkat SD dan SMP.

"Dalam melakukan perbuatannya, RK diduga bersama-sama dengan mantan tim sukses saat Pilkada 2010, dilakukan dan berupaya melakukan proses lelang pada pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement)," ungkap Saut Situmorang.

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : Demi Lunasi Utang Dana Kampanye, Bupati Malang Terima Suap Rp3,45 Miliar

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved