Penasihat Presiden Martti Ahtisaari Kunjungi Aceh, Ini Tujuan dan Orang-orang yang Ditemui

Sebagai orang yang pernah terlibat dalam perdamaian Aceh, Jaakko Oksanen sangat senang dan gembira, karena bisa datang lagi ke Aceh.

Penasihat Presiden Martti Ahtisaari Kunjungi Aceh, Ini Tujuan dan Orang-orang yang Ditemui
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Senior Advisor (Penasihat Senior) Crisis Management Initiative (CMI)/Martti Ahtisaari Centre, Jaakko Oksanen, dan Advisor CMI/Office Of President Ahtisari, Minna Kukkonen - Karlander, bertemu Ketua DPRA, Tgk Muharuddin dan sejumlah anggota DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis (18/10/2018). 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dua petinggi lembaga Crisis Management Initiative (CMI)/Office of Presiden Ahtisaari, Finlandia, berkunjung ke Aceh, Kamis (18/10/2018).

Keduanya adalah, Major General (ret) Jaakko Oksanen, Senior Advisor (Penasihat Senior) Crisis Management Initiative (CMI)/Martti Ahtisaari Centre dan Minna Kukkonen – Karlander, Advisor CMI/Office Of President Ahtisari.

Setiba di Aceh, kedua petinggi lembaga yang memediasi perdamaian Aceh ini melakukan pertemuan dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Gedung DPRA, Jalan Tgk Daud Beureueh, Banda Aceh.

Kedatangan kedua orang yang ikut memantau proses perdamaian Aceh ini disambut oleh Ketua DPRA, Tgk Muharuddin beserta sejumlah anggota DPRA seperti Zuriat Suparjo, Azhari Cage, Iskandar Usman Al Farlaki, Nurzahri, serta pimpinan DPRK dari beberapa kabupaten/kota, dan perwakilan mantan anggota GAM.

Jaakko Oksanen mengatakan, selain bertemu pimpinan DPRA, mereka juga akan melakukan pertemuan dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haitar, dan unsur lainnya.

Senior Advisor (Penasihat Senior) Crisis Management Initiative (CMI)/Martti Ahtisaari Centre, Jaakko Oksanen, dan Advisor CMI/Office Of President Ahtisari, Minna Kukkonen - Karlander, bertemu pimpinan dan anggota DPRA/DPRK, serta mantan GAM, di Gedung DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis (18/10/2018).
Senior Advisor (Penasihat Senior) Crisis Management Initiative (CMI)/Martti Ahtisaari Centre, Jaakko Oksanen, dan Advisor CMI/Office Of President Ahtisari, Minna Kukkonen - Karlander, bertemu pimpinan dan anggota DPRA/DPRK, serta mantan GAM, di Gedung DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis (18/10/2018). (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

(Pemerintah Harus Memahami Peran Penting Mantan Kombatan GAM dalam Menjaga Perdamaian Aceh)

Dalam pertemuan dengan pimpinan DPRA, Jaakko Oksanen menyatakan, poin-poin kesepakatan perdamaian (MoU) antara GAM dengan Pemerintah RI yang sampai kini belum bisa dilaksanakan, akan terus diperjuangkan, tetapi dengan cara politik dan legal hukum.

“Hal itu dimaksudkan untuk menjaga perdamaian Aceh yang telah berjalan selama 13 tahun, agar terus terus berlanjut sepanjang masa,” kata Jaakko Oksanen.

Jaakko Oksanen mengatakan, dirinya bersama Minna Kukkonen - Karlander, berkunjung kembali ke Aceh untuk melihat kondisi Aceh, setelah 13 tahun menjalani perdamaian.

Perdamaian Aceh, menurutnya, harus selalu dijaga, karena sudah menjadi milik seluruh masyarakat Aceh dan Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Herianto
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved