14.993 Pelamar Sipir Lulus Administrasi

Sebanyak 14.993 lulusan SMA/sederajat pelamar CPNS sipir melalui Kanwil Kemenkumham Aceh lulus seleksi administrasi

14.993 Pelamar Sipir Lulus Administrasi
instagram
CPNS 2018 

* Senin-Kamis Pengukuran Tinggi Badan

BANDA ACEH - Sebanyak 14.993 lulusan SMA/sederajat pelamar CPNS sipir melalui Kanwil Kemenkumham Aceh lulus seleksi administrasi. Pengumuman ini melalui https://sscn.bkn.go.id atau http://cpns.kemenkumham.go.id, Sabtu (20/10) mulai pukul 00.00 dini hari. Sebanyak 9.875 di antaranya adalah pria, mereka akan memperebutkan 18 kuota CPNS sipir di Rutan Sabang. Sisanya 5.118 wanita, mereka akan memperebutkan tujuh kuota CPNS sipir di rutan yang sama.

Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kanwil Kemenkumham Aceh, Rudi Hartono SH MSi, selaku ketua panitia seleksi daerah Aceh, menyampaikan hal ini kepada Serambi kemarin sore. Ia menyebutkan jumlah pendaftar secara online selama masa pendaftaran, 26 September-15 Oktober 2018 adalah 23.733 orang, namun yang mengirimkan berkas ke Kanwil Kemenkumham Aceh melalui Kantor Pos 20.935 orang.

“Nah, dari jumlah itu, sebanyak 6.002 di antaranya tak memenuhi syarat administrasi, misalnya ada yang tak membuat surat pernyataan. Kemudian, ada surat pernyataan, tetapi tak ada ijazah. Ada juga yang tak ada KTP asli Aceh atau kartu domisili. Bagi yang sudah memenuhi syarat administrasi, kami imbau melihat detail pengumuman itu pada hari pertama pengumuman karena Senin sudah mulai seleksi tahap selanjutnya,” imbau Rudi didampingi Kabag Umum, Edison serta Kasubbag Kepegawaian dan TU, Hendri Rahman.

Pasalnya, kata Rudi, dalam pengumuman itu juga diberitahukan jadwal pengukuran tinggi badan dan verifikasi dokumen asli peserta di Stadion H Dimoerthala Lampineung, Banda Aceh, Senin-

Kamis, 22-25 Oktober 2018. Jadwal itu diatur berdasarkan nomor urut. “Misalnya untuk peserta nomor urut satu hingga nomor 3.748 jatuh pada hari Senin, 22 Agustus 2018. Begitulah seterusnya yang seleksi itu dibagi empat hari. Setiap hari dalam tiga hari awal masing-masing untuk 3.748 pelamar dan di hari keempat untuk 3.749 peserta,” sebut Rudi.

Rudi menambahkan jumlah pelamar dalam setiap hari itu juga akan dibagi dua sesi. Sesi pertama mulai tes pukul 07.30 WIB dan diperkirakan hingga pukul 12.30 WIB. Sedangkan sesi kedua mulai pukul 13.30 WIB hingga selesai. Peserta berpakaian bebas asal rapi, namun harus pakai sepatu. Peserta pria direncanakan masuk melalui pintu satu dan dua. Sedangkan peserta wanita masuk melalui pintu tiga. Jika peserta datang lewat sehari saja dari jadwal yang sudah ditentukan itu, maka dinyatakan gugur.

“Seleksi diawali pengukuran tinggi badan, untuk pria 160 cm dan wanita 155 cm. Jika kurang dari ini, maka mohon maaf karena langsung gugur dan panitia tak akan lagi memverifikasi dokumen asli peserta. Sebaliknya jika tinggi badan dan dokumen asli peserta memenuhi syarat, maka panitia akan langsung memprin nomor untuk ikut seleksi kompetensi dasar (SKD) melalui Computer Asissted Tes (CAT) yang dijadwalkan, 30 Oktober-3 November 2018 di Banda Aceh, namun belum ditentukan lokasi pasti,” jelas Rudi. 

CAT untuk S1, 26-28 Oktober
Sedangkan untuk peserta lulusan S1 dan D3, kata Rudi, tahun ini Kanwil Kemenkumham Aceh mendapat kuota 21 orang. Lima di antaranya lulusan D3 Akuntansi, Akuntansi Komputer, Keuangan, Manajemen Informastika, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Administrasi Bisnis, dan Administrasi. Mereka memperebutkan jabatan pengelola keuangan masing-masing satu orang di lima Kantor Imigrasi se-Aceh, yaitu di Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Meulaboh, dan Sabang.

“Namun, pendaftaran untuk peserta lulusan S1 dan D3 ini langsung ke pusat, sehingga tak ada data sama kami berapa orang lulus yang juga diumumkan mulai, Sabtu, 20 Oktober 2018 melalui website yang sama. Jadwal seleksi kompetensi dasar bagi mereka melalui CAT, 26-28 Oktober 2018 di Banda Aceh, namun juga belum ditentukan lokasi pasti,” jelas Rudi. (sal)

syarat dokumen asli
* Ijazah SMA/sederajat * KTP atau keterangan perekaman, jika belum ada KTP * Bukti pendaftaran SCCN 2018 * Pas foto 4x6 warna layar merah dua lembar

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved