Banda Aceh Latih 118 Operator Sekolah

Sebanyak 118 operator sekolah--86 operator SD dan 32 operator SMP--se-Banda Aceh yang bertugas menangani data pokok pendidikan

Banda Aceh Latih 118 Operator Sekolah
SERAMBINEWS.COM/NASIR YUSUF
Muhammad Rizki didampingi ibunya, wisudawan ini terpilih sebagai Siswa Teladan SMK SMTI tahun 2017/2018. Kepala Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian, Mujiono, MM didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dr Sahminan M.Pd, dan kepala sekolah Ir Hariyanto MPd, menyerahkan hadiah untuk siswa teladan tersebut. 

BANDA ACEH - Sebanyak 118 operator sekolah--86 operator SD dan 32 operator SMP--se-Banda Aceh yang bertugas menangani data pokok pendidikan (Dapodik) dilatih pengelolaan data sekolah. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (19-20/18), digelar di Grand Aceh Syariah Hotel, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr Sahminan MPd mengatakan, pelatihan operator sekolah sangat penting dan strategis untuk adanya kepastian data di semua lembaga dan jenjang pendidikan di Banda Aceh.

Karenanya, tambah Sahminan, untuk pembangunan pendidikan Banda Aceh ke depan harus berbasis data. “Karena itu, pemerintah dalam membangun lembaga pendidikan ke depan dilakukan berdasarkan data yang tersaji di dapodik,” katanya.

Kepada peserta pelatihan, Sahminan meminta semua pengelola Dapodik memiliki komitmen dalam mengisi data tersebut. “Kalau memang ada guru yang absen, jangan ditulis hadir. Atau sebaliknya. Saya meminta operator sekolah harus memiliki komimen yang kuat,” tegas Sahminan.

Dikatakan, operator sekolah harus menjaga kejujuran. Sebab kejujuran tidak mudah didapat kecuali bagi mereka yang memiliki komitmen. “Jujur itu mahal,” tegasnya.

Sementara itu Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Banda Aceh, Muslem ST mengatakan, pelatihan operator ini dilakukan sehubungan adanya perubahan versi baru pada aplikasi dapodik sesuai Permendikbud No 78 tahun 2015, tentang data pokok pendidikan. Serta adanya aplikasi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan secara online yang masih mengalami kendala di setiap satuan pendidikan.(sir)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved