Dua Muslimah Menang di Pemilihan Kongres AS

Dua muslimah lolos menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) setelah menang dalam pemilihan

Dua Muslimah Menang di Pemilihan Kongres AS
Ilhan Omar berswafoto dengan pendukungnya di Minneapolis, Minnesota 

JAKARTA - Dua muslimah lolos menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) setelah menang dalam pemilihan sela 2018, Selasa (6/11). Kedua perempuan yang mencetak sejarah di negeri Abang Sam itu adalah IlhanOmar yang merupakan mantan pengungsi Somalia, dan Rashida Tlaib, imigran asal Palestina.

Kedua perempuan itu merupakan politikus Demokrat yang berasal dari wilayah Midwest Amerika, dan tokoh yang cukup vokal dalam advokasi kelompok minoritas. Omar (37), berhasil memenangkan kursi ewan Perwakilan mewakili distrik Minneapolis dan Minnesota, menggantikan Keith Ellison yang merupakan muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres.

“Saya seorang muslim dan orang kulit hitam,” ucap Omar dalam wawancaranya bersama salah satu majalah. “Saya memutuskan mencalonkan diri karena banyak orang yang saya tahu benar-benar ingin menunjukan bagaimana perwakilan demokrasi seharusnya berjalan,” lanjut Omar.

Omar lari ke Negeri Paman Sam saat berusia delapan tahun bersama kedua orang tuanya akibat perang sipil yang melanda Somalia saat itu. Sebelum tiba di AS, Omar dan keluargnya sempat menghabiskan waktu empat tahun tinggal di kamp pengungsian di Kenya.

Setelah itu dia dan keluarganya hijrah ke AS dan menetap di Minnesota pada 1997. Wilayah itumemiliki populasi warga Somalia yang cukup besar. Dikutip AFP, dia memenangkan kursi legislatif negara bagian pada 2016 lalu. Sebelum itu, dia sempat bekerja sebagai pengurus komunitas di Minneapolis dan menjadi ketua organisasi pemerhati hak warga sipil Amerika-Afrika (NAACP).

Omar memutuskanmencalonkan diri dalam pemilihan Kongres setelah Ellison memutuskanmenyerahkan kursinya setelah 12 tahun menjabat. Sebab dia mencalonkan diri sebagai jaksa agung negara bagian Minnesota. Sementara itu, kemenangan Tlaib dianggap tak mengejutkan karena perempuan 42 tahun itu bertarung dalam pemilihan Dewan Perwakilan untuk wilayah Detroit hingga Dearborn, Michigan, tanpa ada lawan.

Di sisi lain, dua perempuan suku asli AS juga terpilih menjadi anggota Kongres dalampemilu sela. Mereka adalah Sharice Davids (38) dan Deb Haaland (57) yang merupakan kandidat dari Partai Demokrat. Davids berasal dari Kansas yang bekerja sebagai advokat dan mahir bela diri campuran. Perempuan yang mengaku penyuka sesama jenis (lesbian) itu mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Kevin Yoder.

Sedangkan Haaland berasal dari New Mexico dan berhasil menumbangkanrivalnya dari Partai Republik, Janice Arnold-Jones serta kandidat Partai Libertarian, Lloyd Princeton. Haaland berasal dari suku Pueblo of Laguna yang berusaha keras menggugah anggotasukunya supaya menggunakan hak pilih. Dia sempat menjadi tim suksesJohn Kerry saat maju pilpres dan relawan Barack Obama.

“Kami butuh orang yangmau membahas permasalahan kami. Kami punyaperwakilan di Kongres dan akan memperjuangkan ketersediaan makanan dan jaminan kesehatan yang layak,” kata Haaland.(cnnindonesia. com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved