Disdukcapil Galus Usulkan 4 Unit Alat Rekam e-KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gayo Lues (Galus) kembali mengusulkan pengadaan empat unit alat

Disdukcapil Galus Usulkan 4 Unit Alat Rekam e-KTP
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. 

BLANGKEJEREN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gayo Lues (Galus) kembali mengusulkan pengadaan empat unit alat perekam KTP Elektronik (e-KTP) dalam RAPBK 2019.

Alat perekam e-KTP tersebut diperuntukkan pada empat kecamatan yang hingga kini belum memiliki alat perekam, sejak dibakar massa pada Pilkada 2012 lalu. Keempat kecamatan itu adalah; Kecamatan Dabun Gelang, Blangpegayon, Rikit Gaib, dan Kecamatan Pantan Cuaca.

Kepala Disdukcapil Galus, Drs Selamat, mengatakan, pengadaan alat perekam e-KTP ini awalnya ditangani oleh Pemerintah Pusat. Namun sejak tahun 2017 kemarin, dialihkan ke pemerintah kabupaten/kota. Hal ini sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 471.13/14652/DUKCAPIL tentang Pengadaan Perangkat KTP Elektronik, tertanggal 10 November 2017.

Tahun 2018 ini, pihaknya mengaku sudah mengusulkan pengadaan keempat alat perekam tersebut ke Pemkab,tetapi masih belum tertampung. Karena itu, pihaknya berharap pengadaan alat perekam e-KTP itu bisa tertampung dalam APBK 2019.

“Harga per unitnya mungkin berkisar Rp 300 juta, tergantung pada nilai tukar dolar, jadi bisa lebih (mahal) atau malah lebih murah,” kata Kadisdukcapil Galus ini.(c40)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved