Mantapkan Guru Hadapi UN 2019, Disdik Bocorkan Kisi-kisi Soal UN, Ini Bentuk dan Jenis Soalnya

Pelaksanaan UN 2019 mendatang direncanakan seluruh kabupaten/kota di Aceh sudah menerapkan 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Mantapkan Guru Hadapi UN 2019, Disdik Bocorkan Kisi-kisi Soal UN, Ini Bentuk dan Jenis Soalnya
SERAMBINEWS.COM/NASIR YUSUF
Sejumlah guru SMK mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dipusatkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Selasa (4/12/2018). 

Laporan M Nasir Yusuf I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pendidikan Aceh mulai melakukan berbagai upaya untuk pemantapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 mendatang.

Sejumlah guru bidang studi yang mata pelajaran diberi pemahaman, bahwa mereka sejak dini harus sudah menyiapkan try out kepada siswa dengan soal-soal berkelas nasional.

Baca: Ini Lima Gampong dan Lima Kecamatan Terbaik Dalam Pengawasan Dana Desa di Bireuen

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd dalam amanat tertulis yang dibacakan Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) tingkat Provinsi Aceh Drs Zulkarnaini pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk guru SMK yang dipusatkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Selasa (4/12/2018), mengatakan UN hanya tinggal tiga bulan lagi. Para guru bidang studi yang pelajaran harus cepat bersikap.

“Kita mengharapkan dengan adanya try out yang soalnya berkelas ujian nasional akan memudahkan siswa kelas III atau kelas XII SMK pada saat mereka mengikuti ujian nasional,” tegas Zulkarnaini kepada Serambinews.com.

Baca: Beredar Isu Karni Ilyas Dipanggil Istana Usai TVOne Live Reuni Akbar 212, Begini Klarifikasinya

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, tambah Zulkarnaini sangat mengharapkan para guru bidang studi bisa membuat soal-soal saat try out UN dengan menggunakan standar soal UN.

Dikatakan, pelaksanaan ujian nasional, terutama jenjang SMA/SMK/MA yang dilaksanakan April 2019 mendatang itu merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Karena Ujian Nasional yang dilaksanakan secara serentak itu masih sangat penting untuk mengukur kemampuan siswa di Aceh. Karena itu, tambah Syaridin, Bimtek Pemantapan UN SMK yang berlangsung di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Selasa, (4/12/2018) harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca: Detik-detik Kericuhan Laga Persita Tangerang vs Kalteng Putra, Suporter Ramai-ramai ke Lapangan

Sekretaris Panitia UN Provinsi Aceh Zulkarnaini mengatakan Ujian Nasional tahun 2019 mendatang mungkin akan dilaksanakan lebih awal dibanding tahun 2018 lalu pada April dan pada tahun 2019 mendatang UN jenjang SMA/SMK/MA bisa dilaksanakan pada akhir Maret 2019 mendatang.

Terkait dengan soal, tambah Syaridin, soal UN 100 persen disiapkan oleh Pusat. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat.

Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019 nanti.

Sedangkan pelaksanaan UN 2019 mendatang direncanakan seluruh kabupaten/kota di Aceh sudah menerapkan 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan target nilai UN diatas 70.00,” ujarnya.

Baca: Lelang 12 Jabatan Eselon II di Lhokseumawe, 32 Mendaftar, Terbanyak di Perpustakaan dan Kearsipan

Lebih jauh Syaridin mengharapkan UN tahun 2019 hasilnya harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Sementara itu Sekretaris Ujian Nasional Aceh Zulkarnaini, mengatakan kegiatan Bimtek Pemantapan UN 2018 dilakukan secara serentak mulai 2-10 Desember 2018 dengan sistem maraton.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari akademisi, pengawas sekolah, dan unsur Dinas Pendidikan Aceh.(*)

Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved