Langsa Tampung Rohingya

Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menampung 20 Muslim Rohingya yang lari dari negara bagian Rakhine, Myanmar melalui jalur laut Malaysia

Langsa Tampung Rohingya
SERAMBI/ZUBIR
Tauke Seuem memberikan uang jajan Rp 50 ribu kepada masing-masing warga etnis Rohingya, di Panti Gepeng Dinsos Langsa, Jumat (7/12) sore. SERAMBI/ZUBIR 

* Ditempatkan Sementara di Dinsos

LANGSA - Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menampung 20 Muslim Rohingya yang lari dari negara bagian Rakhine, Myanmar melalui jalur laut Malaysia. Mereka ditempatkan sementara di Panti Gepeng Dinas Sosial Langsa, Gampong Lhoekbanie, Kecamatan Langsa Barat, Jumat (7/12) sore.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah atau Tauke Seuem langsung menerima penyerahan 20 Rohingya itu dari pihak Imigrasi Kalas II Langsa. Dia menyatakan siap menangani para pengungsi Rohingya itu yang sebelumnya terdampar di kawasan Kuala Idi, Aceh Timur ini.

Pemko Langsa juga menyatakan komitmen siap membantu memberikan fasilitas penampungan sementara, di Panti Gepeng Dinsos. Wali Kota didampingi sejumlah pejabat, Kadinsos Armia, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Agus Salim dan Asisten I Suryatno.

Penyerahan ke 20 Rohingya ini dilakukan oleh Kepala Imigrasi Kelas II Langsa, Mirza Akbar, didampingi sejumlah stafnya. Tauke Seuem, sambil menyalami juga memberikan uang tunai Rp 50 ribu kepada masing-masing pengungsi.

“Kita sangat prihatin melihat Rohingya ini, karena mereka saudara kita sesama muslim, dan terusir dari tanah kelahirannya sendiri, dimana di negaranya mereka dibantai akibat konflik,” ujarnya. Menurut dia, atas dasar rasa kemanusiaan, maka Pemko Langsa membantu menyediakan fasilitas tempat sementara.

“Mereka ditampung sementara waktu di Panti Gepeng ini,” ujar Tauke Seuem. Dia berharap kementerian terkait untuk segera menindaklanjut proses penanganan Rohingya, karena persoalan ini merupakan tanggungjawab pemerintah pusat dan provinsi, serta pihak lainnya.

Menurutnya, pemerintah kota mengalami keterbatasan dana untuk menampung para imigran itu dan diharapkan semua pihak dapat membantu sepenuhnya dalam penangananya, terutama pihak Imigrasi, Kepolisian dan Pemerintah Pusat. “Bagi siapa yang mau berzakat, maka bisa memberikan langsung kepada Rohingya ini, karena mereka layak mendapatkannya,” sebut Wali Kota.

Terkait fasilitas di panti, Tauke Seuem telah memerintahkan sejumlah dinas untuk memenuhi sejumlah fasilitas, seperti air bersih, MCK, mushala maupun kebutuhan lainnya bagi etnis Rohingya, selama berada di tempat penampungan sementara ini.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas II Langsa, Mirza Akbar SH MSi, didampingi Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Fachriansyah SH MPA, kepada Serambi mengatakan pemindahan 20 etnis Rohingya ini sesuai kepsepakatan bersama antar pihak terkait pada saat berlangsungnya rapat di Sekretariat Pemko Langsa sehari sebelumnya.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved