Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Progres Jalan Tol Banda Aceh-Sigli

Presiden Jokowi sudah melakukan groundbreaking jalan tol Sigli-Banda Aceh di kawasan Blangbintang, Aceh Besar, Jumat (14/12/2018).

Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Progres Jalan Tol Banda Aceh-Sigli
SERAMBINEWS.COM/KOLASE SERAMBINEWS.COM
Jalan tol Sigli-Banda Aceh dalam visual 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi telah melakukan groundbreaking jalan tol Sigli-Banda Aceh di kawasan Blangbintang, Aceh Besar, Jumat (14/12/2018).

Dengan dilakukan groundbreaking tersebut, ke depan, proyek jalan tol yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatera ini akan mulai dikerjakan oleh pihak pelaksana.

Jokowi komit, semua ruas jalan tol yang telah dicanangkan untuk Aceh akan rampung pada tahun 2024 dan terhubung dengan jalan tol Trans Sumatera yang dimulai dari Bakauheni, Lampung hingga Aceh sepanjang 2.700 km.

Baca: Presiden Jokowi Bertemu Nyak Sandang di Bandara SIM Aceh Besar, Bicarakan Masjid dan Ingin Naik Haji

Baca: Jokowi Tandai Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, Yakin Selesai 2024

"Dan yang ini nanti di tahun 2024 dari Bakauheni sampai ke titik ini (Aceh) akan tersambung (rampung)," kata Jokowi optimis, disambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir.

Untuk diketahui empat ruas jalan tol Aceh yang akan dibangun pemerintah adalah ruas Banda Aceh-Sigli 75 km, Sigli-Lhokseumawe 135 km, Lhokseumawe-Langsa 135 km, dan Langsa-Binjai, Sumut sepanjang 110 km.

Presiden juga meminta dukungan dari Pemerintah Aceh dan pemerinah kabupaten/kota untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Aceh yang merupakan bagian dari proyek infrastruktur raksasa yang sedang digarap oleh Pemerintah Jokowi-Jk.

"Saya harap dukungan gubernur, bupati, wali kota, kita memiliki golongan yang sama untuk menyelesaikan jalan tol ini," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melaporkan progres pengerjaan jalan tol tersebut. Menurutnya, hingga saat ini telah dilakukan tahapan pengumuman peta bidang dan daftar nominatif sebanyak 3.586 bidang tanah untuk 10 kecamatan (78 desa) yang ada di Aceh Besar dan Pidie.

Baca: Cerita Jokowi Saat Bekerja di Aceh Tengah, Terkenang Warung Makan Norma di Bireuen

Baca: Jokowi Pilih Pakai Ija Kroeng saat Shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Ini Cerita Desainernya

"Adapun dari 10 kecamatan tersebut, sebanyak 8 kecamatan telah dilakukan penilaian harga tanah dan dilanjutkan dengan musyawarah bentuk ganti kerugian di 4 kecamatan yakni Blang bintang, Montasik, Indrapuri, dan Kuta Cot Glie," kata Nova.

Dari 4 kecamatan yang sudah bermusyawarah tersebut, terdapat dua kecamata yakni Blangbintang dan Montasik yang sudah dilakukan pembayaran atau ganti kerugian bidang tanah.

Total bidang tanah yang telah dibayar saat ini sebanyak 144 bidang tanah dari total bidang 3.586 atau seluas 55,34 hektare, dengan total luas lahan 755,2 hektare di mana total realisasi dana talangan oleh Hutama Karya sebesar Rp.17,56 miliar.

"Dengan terlaksananya pembayaran seluas 55,34 hektare tersebut, berarti saat ini akan segera dikerjakan pembangunan jalan tol sepanjang 6,92 kilometer di dua kecamatan, yakni Kecamatan Blangbintang dan Kecamatan Montasik," jelas Nova di depan Presiden Jokowi. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved