Kota Sabang Kembangkan UMKM Sektor Pariwisata

Pelaku wisata dan UMKM yang ada di Kota Sabang diharapkan dapat memberi kemaslahatan bagi perekonomian masyarakat Sabang secara menyeluruh.

Kota Sabang Kembangkan  UMKM Sektor Pariwisata
SERAMBINEWS.COM/IST
Focus Group Discussion (FGD) pengembangan UMKM dan sektor pariwisata di Aula Mata Ie Resort, Sabang, Rabu (19/12/2018). 

Laporan Ibrahim Aji I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus membuka Focus Group Discussion (FGD) pengembangan UMKM dan sektor pariwisata di Aula Mata Ie Resort, Sabang, Rabu (19/12/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM sektor pariwisata di Kota Sabang demi peningkatan perekonomian masyarakat.

Wakil Wali Kota Sabang dalam sambutannya mengatakan dengan penetapan Sabang sebagai kawasan pariwisata oleh Pemerintah pusat, perlu dukungan dari semua pihak agar Sabang menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada masyarakat Sabang untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi wisatawan.

"Mari Kita tunjukkan sebagai orang Aceh dengan adat 'Peumulia Jamee' bagi setiap wisatawan yang datang ke Sabang, agar mereka bisa bercerita tentang kebaikan Sabang kepada sanak saudara di kampung halamannya" ujar Suradji.

Baca: Rusia Undang Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Bicarakan Perkembangan Palestina, Israel Geram

Baca: Kisah Mantan Anggota NII, Banyak Hamil di Luar Nikah Hingga Setor Rp 14 M per Bulan ke Ibu Kota

Suradji Junus juga mengharapkan kepada para pelaku wisata dan UMKM yang ada di Kota Sabang agar dapat memberikan kemaslahatan bagi perekonomian masyarakat Sabang secara menyeluruh.

Sedangkan Kepala Bank Indonesia (BI) Aceh Zainal Arifin Lubis dalam sambutannya mengatakan untuk Kota Sabang, BI melihat adanya peluang yang luar biasa melalui sektor pariwisata.

Maka BI selaku Bank Sentral melihat Sabang memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui sektor ekonomi keluarga melalui UMKM.

"Di Kota Sabang memiliki banyak macam bahan baku yang dapat dijadikan bahan dalam meningkatkan ekonomi rakyat, yakni dengan adanya cengkeh, kelapa dan lain-lain. Semua itu jika diolah akan menjadi ekonomi kreatif yang akan memberikan peningkatan ekonomi bagi rakyat," ujarnya.(*)

Penulis: Ibrahim Aji
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved