Instansi Vertikal di Pidie Jaya Malas Setor ZIS, Kepala Baitul Mal Mengeluh ke Wakil Bupati

Baitul Mal Pidie Jaya, Kamis (27/12/2018) kembali menyalurkan zakat, infaq dan sadakah (ZIS) tahap ketiga tahun ini sebesar Rp 1.152.000.000.

Instansi Vertikal di Pidie Jaya Malas Setor ZIS, Kepala Baitul Mal Mengeluh ke Wakil Bupati
Serambinews.com
Wakil Bupati Pidie Jaya, H Said Mulyadi menyerahkan secara simbolis zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan Baitul Mal Pidie Jaya, kepada para senif di kabupaten itu, Kamis (27/12/2018). 

Laporan Abdullah Gani | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Baitul Mal Pidie Jaya, Kamis (27/12/2018) kembali menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) tahap ketiga tahun ini sebesar Rp 1.152.000.000 kepada sejumlah senif. Dengan demikian, total penyaluran ZIS dalam tahun 2018 ini berjumlah Rp 3.119.955.063.

Jumlah ini didapat dari sumber ZIS Aparatur Negeri Sipil (PNS) serta pengusaha termasuk kontraktor atau rekanan di kabupaten itu.

Sementara ZIS dari instansi vertikal seperti TNI/Polri, dan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) di daerah itu, belum ada. 

Baca: Baitul Mal Aceh Terbaik Se-Indonesia

Padahal, sesuai Qanun Nomor 10 Tahun 2007 yang mengatur tentang Baitul  Mal, jelas tertera bahwa instansi vertikal di kabupaten Pidie Jaya juga wajib menyetor ZIS ke Baitul Mal setempat. Namun amanat qanun ini masih diabaikan.

Kepala Baitul Mal Pidie Jaya, H Marzuki HM Ali mengaku sudah menyurati pimpinan lembaga vertikal dimaksud supaya zakat dari para PNS di lingkungannya disetor ke Baitul Mal.

Sehingga penerima manfaatnya pun akan lebih banyak dan bisa menjadi salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

“Tolong Pak Wabup ikut mengajak pihak Kankemenang  Pijay agar mau menyetorkan ZIS ke Baitul Mal, karena hanya Bapak lah yang lebih berwenang menyuratinya. Kami di Baitul Mal tak berdaya,” keluh H Marzuki.

Baca: UAS: Tsunami Membawa Hikmah

Menyahuti harapan Kepala Baitul Mal itu, Wakil Bupati (Wabup) Pidie Jaya, H Said Mulyadi berjanji akan mengupayakannya.

Sementara itu, berdasarkan laporan Kepala Baitul Mal, ZIS yang didapat tahun ini disalurkan antara lain kepada fakir uzur sebanyak 300 orang masing-masing mendapat Rp 300.000.

Kemudian kepada santri miskin 300 orang, masing-masing Rp 300.000. Untuk pembangunan enam unit rumah untuk tiga orang fakir dan tiga orang miskin, masing-masing Rp 75.000.000.

Baca: Ayah Merin Masuk DPO KPK

Bantuan lainnya, dialokasikan antara lain kepada 150 orang penyandang cacat, yatim piatu, panti asuhan, majelis taklim, serta  bantuan untuk satu madrasah ummul quran (MUQ), dengan jumlah bervariasi sesuai kebutuhan.(*)

Penulis: Abdullah Gani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved