Penyebar Video 'Sinterklas' KH Ma'ruf Amin Dibekuk, Polda Aceh Minta Pembuatnya Menyerah atau Diburu

Polda Aceh dan Polres Lhokseumawe masih memburu satu lagi tersangka yang diduga terlibat dalam pembuatan video hoaks tersebut.

Penyebar Video 'Sinterklas' KH Ma'ruf Amin Dibekuk, Polda Aceh Minta Pembuatnya Menyerah atau Diburu
Calon Wakil Presiden, Maruf Amin tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Selain pasangan Jokowi-Maruf Amin, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Senin 13 Agustus. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan satu diantara syarat wajib yang diberlakukan KPU bagi capres dan cawapres untuk mengikuti Pilpres mendatang.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) 

Laporan Subur Dana I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Satreskrim Polres Lhokseumawe, Rabu (26/12/2018) menangkap pria berinisial S asal Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

S dibekuk karena menyebarkan video hoaks atau video hasil editan calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin yang berkostum sinterklas saat mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru.

Baca: Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Al-Quran di Langkat, Dinyatakan Positif Narkoba

Baca: Demi Kepastian Hukum Penyelenggaraan Haji, Kemenag Desak Pemerintah Susun Qanun Haji

Kasus penyebaran video hoaks calon itu kini ditangani Dit Reskrimsus Polda Aceh.

Pria berinisal S yang sebelumnya ditangkap jajaran Polres Lhokseumawe juga telah dibawa ke Polda Aceh guna pemeriksaan lebih lanjut.

Di samping itu, tim Polda Aceh dan Polres Lhokseumawe masih memburu satu lagi tersangka yang diduga terlibat dalam pembuatan video hoaks tersebut.

Kabid Humas Polda Aceh AKBP Ery Apriyono kepada awak media, Jumat (28/12/2018) mengatakan, pihaknya terus melakukan penyelidikan dan memburu pihak-pihak lain yang terlibat.

Baca: Pengedit Video Ma’ruf Amin Berkostum Sinterklas saat Ucapkan Selamat Natal Dibawa ke Polda Aceh

"Pembuat video sedang diburu, ada satu lagi yang diduga sebagai pelaku yang sedang kita buru. Kita imbau pelaku juga segera menyerahkan diri, supaya memudahkan kita dalam proses hukum yang akan dihadapi nanti," kata AKBP Ery Apriyono.

Seperti diketahui, sebelumnya S ditangkap karena terbukti menyebarkan video hasil editan dari video KH Ma'ruf Amin mengenakan kostum sinterkla saat mengucapkan selamat Natal beberapa waktu lalu.

Dalam video aslinya, Ma'ruf Amin mengenakan kemeja putih, jas hitam, serban putih, dan peci hitam. Oleh pelaku, video itu diedit, Ma'ruf Amin terlihat mengenakan kostum sinterklas.(*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved