Stres Akibat Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Anak Anda

Sementara kelompok berpenghasilan rendah termasuk orang-orang yang hidup dalam kemiskinan yang parah, ia mencatat

Stres Akibat Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Anak Anda
Shutterstock
ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Selain sumber daya ekonomi, otonomi orangtua di tempat kerja dapat membantu meningkatkan kesehatan anak-anak mereka, demikian menurut sebuah penelitian.

Meskipun sudah lama diketahui bahwa anak-anak yang sakit dapat mempengaruhi ekonomi, namun sedikit yang mengetahui tentang dampak kehidupan kerja orangtua terhadap kesehatan anak-anak mereka.

Baca: Cara Kurangi Dampak Negatif Radiasi Smartphone, Salah Satunya Matikan Data Saat Tidur

Para peneliti, dari University of Houston di AS, melihat apa yang disebut "sumber daya pengaturan diri", atau jumlah kontrol diri yang dibawa orang tua ke pengasuhan, termasuk kemampuan untuk bertindak dengan cara yang lebih reflektif.

Baca: 5 Trik Berhemat yang Bisa Dilakukan Jika Merasa Uang Bulanan Selalu Cepat Habis

"Jika orangtua mengalami terlalu banyak stres, itu mengurangi kendali diri Anda," kata Profesor Christiane Spitzmueller, seperti dilansir dari thehealthsite.

Kontrol diri orangtua dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik untuk anak-anak.

Dengan kata lain, bagaimana kita menjadi orangtua ketika kita mengalami tingkat stres yang tinggi mungkin secara fundamental berbeda dari bagaimana kita menjadi orangtua ketika kita mengatasi dengan baik.

Baca: Menjadi Muslim di Amerika

"Pada tingkat otonomi kerja yang lebih rendah," tulis para peneliti, "karyawan cenderung harus lebih mengandalkan sumber daya pengaturan sendiri untuk mengimbangi dampak dari kontrol terbatas atas pekerjaan seseorang pada kehidupan pribadi seseorang."

Di sisi lain, “pada tingkat otonomi kerja yang lebih tinggi, kebebasan dan lebih banyak peluang pengambilan keputusan cenderung memotivasi orang untuk terlibat; namun, sumber daya pengaturan sendiri akan kurang dibutuhkan. "

Baca: Sejarah MTV: Saluran TV Kabel yang Awalnya Kecil Berkembang dan Mengambil Alih Dunia

Menurut Spitzmueller, kuncinya terletak pada rasa kontrol tentang profil pekerjaan mereka sendiri.

"Jika Anda dapat memutuskan bagaimana Anda akan melakukan pekerjaan Anda, daripada yang dipaksakan pada Anda, itu lebih baik untuk anak-anak," kata Spitzmueller.

Dalam penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam Journal of Occupational Health Psychology, tim mengumpulkan data dari orangtua dan anak-anak di Nigeria, menargetkan satu kelompok keluarga berpenghasilan rendah dan kelompok kedua dari keluarga yang lebih makmur.

Baca: Polisi DPO-kan 4 Petugas Leasing

Sementara kelompok berpenghasilan rendah termasuk orang-orang yang hidup dalam kemiskinan yang parah, ia mencatat bahwa tanggapan mereka tidak berbeda secara nyata dari tanggapan kelompok yang lebih kaya.

Penelitian ini menemukan bahwa sumber daya ekonomi tidak sebanyak penyangga, sebaliknya, perasaan otonomi di tempat kerja mengurangi masalah kesehatan bagi anak-anak.

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : Peringatan untuk Orang Tua! Stres Akibat Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Anak Anda

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved