Di Sabang, Laporan Dana Kampanye Nihil

Sebanyak 12 partai politik (parpol) yang menjadi peserta pemilihan legislatif (Pileg) untuk DPRK sudah menyerahkan Laporan

Di Sabang, Laporan Dana Kampanye Nihil
IST
AKMAL SAID, Komisioner KIP Sabang

* Di Bireuen, PA Paling Banyak Menerima Sumbangan

SABANG - Sebanyak 12 partai politik (parpol) yang menjadi peserta pemilihan legislatif (Pileg) untuk DPRK sudah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Sabang.

Pelaporan itu bertujuan untuk memberikan gambaran dana sumbangan yang akan digunakan oleh 171 caleg DPRK Sabang. Tetapi setelah dilakukan verifikasi oleh KIP, semua parpol tersebut melaporkan saldo nihil, yang artinya tidak ada jumlah sumbangan dana kampanye yang dicantumkan dalam laporan.

Meski demikian, hal itu bukan berarti partai tidak memiliki dana kampanye. “Yang tidak ada itu sumbangan dana kampanye, namun bukan berarti tidak ada dana kampanye. Bisa jadi partai mendapatkan dari iuran anggota, iuran anggota dewan, hingga usaha milik partai,” kata Komisioner KIP Sabang, Akmal Said, kepada Serambi kemarin.

Ia mengimbau kepada partai politik, jika setelah pelaporan itu menerima sumbangan, maka harus dilaporkan pada pelaporan selanjutnya. Karena tahapannya, setelah LPSDK, selanjutnya akan dilaporkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) pada 25 April nanti. Serta dilanjutkan dengan melaporkan LPPDK ke kantor akuntan publik untuk diaudit.

Karena jika tidak dilaporkan, maka partai dibisa dikenakan sanksi berat, berupa penghapusan calon yang sudah terpilih. Namun Akmal juga mengapreasiasi kepada semua parpol yang sudah membuat LPSDK dan menyerahkan ke KIP.

Sementara di Kabupaten Bireuen, total besaran sumbangan dana kampanye yang diterima dari semua parpol mencapai Rp 3,930 miliar. Sumbangan paling banyak diterima Partai Aceh (PA) yakni Rp 1,021 miliar dan paling sedikit PSI, Rp 6.650.000.

“Jumlah total penerimaan sumbangan dana kampanye parpol di Bireuen dari 17 partai adalah Rp 3.930.774.413,” sebut Komisionir KIP Bireuen, Muhammad Basyir SHI MA.

Sedangkan besaran sumbangan untuk tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden tingkat Kabupaten Bireuen adalah sebesar 6.505.000. Terdiri dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin Rp 1.505.000 dan pasangan Prambodo Sandi Rp 5.000.000.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh sedang melakukan pengkajian dan penelurusan terhadap Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) partai politik dan calon anggota DPD peserta Pemilu 2019. Penelusuran dilakukan untuk mencocokkan dana kampanye dengan total pengeluaran.

“Ini ada juga parpol dan calon DPD yang menyampaikan sumbangan dana kampanyenya nol. Dan ternyata, faktanya di lapangan berbeda, kalau kita lihat banyak pengeluarannya, baliho banyak, pertemuan terbatasnya sering,” kata Komisioner Panwaslih Aceh, Marini kepada Serambi, kemarin.

Menurut Marini, banyak peserta pemilu yang tidak sesuai antara laporan dana kampanye dengan apa yang dilaporkan kepada penyelenggara pemilu. Bahkan menurut Bawaslu, banyak parpol yang sekadar melapor sumbangan dana kampanye tersebut.

“Inilah yang ingin kita telusuri, kita kan dapat salinan laporannya ini dari KIP. Ini sedang kita pelajari satu per satu dan nanti akan kita cocoknya juga dengan laporan penggunaan dana kampanye dari masing-masing parpol dan calon anggota DPDA, di situ nanti akan terlihat semua dana kampanyenya,” katanya.

Menurut Marini, sumbangan dana kampanye yang harus dilaporkan oleh peserta pemilu adalah semua sumbangan yang didapat dari eksternal partai, seperti dari individu, perusahaan, dan caleg itu sendiri. “Begitu juga yang calon anggota DPD, semua sumbangan dana kampanye harus dilaporkan, dari siapapun sumbernya,” kata Marini.

“Dari salinan laporan yang kita terima sepertinya banyak yang belum memasukkan laporan dana kampanyenya, padahal di luar mereka melakukan banyak kegiatan kampanye dan selama ini tentu banyak pengeluaran. Tapi laporan dana kampanyenya nol,” tambahnya.(mun/yus/dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved