360 Peserta Meriahkan Kompetisi Sains dan Seni di Dayah Insan Qurani

Kegiatan Classic terbuka untuk sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

360 Peserta Meriahkan Kompetisi Sains dan Seni di Dayah Insan Qurani
Foto/Dayah Insan Qurani
Pimpinan Dayah Insan Qurani, Muzakkir Zulkifli membuka kompetisi sains dan seni, di Kampus Dayah Insan Qurani, Gampong Aneuk Batee, Suka Makmur, Aceh Besar, Sabtu (12/1/2018). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 360 perserta dari 42 sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar meriahkan kompetisi bidang sains dan seni yang digelar oleh Dayah Insan Qurani, bertempat di kampus dayah tersebut, Gampong Aneuk Batee, Suka Makmur, Aceh Besar.

Kegiatan yang dikemas dalam Competition of Religion, Art, Science and Education (Classic) ke-3 ini berlangsung selama empat hari, mulai Sabtu (12/1) hingga Selasa (15/1).

Kegiatan bertema "to seen the unseen" dibuka oleh Pimpinan Dayah Insan Qurani, Muzakkir Zulkifli SAg dan diikuti 360 peserta dari 42 sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Muzakkir Zulkifli mengatakan even tersebut digagas oleh Organisasi Santri Dayah Insan Qurani (Osdiq) sebagai pekan kreatifitas dan perlombaan antar santri Insan Qurani.

Namun pada tahun ini, kegiatan Classic terbuka untuk sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca: Dayah Kupie, Usaha untuk Kemandirian Dayah

"Alhamdulillah sebuah kesyukuran bagi kita, apa yang anak-anak kita lakukan hari ini, mereka mampu melaksanakan kegiatan tanpa ada uang pendaftaran, Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan untuk seluruh Aceh," ujarnya.

Dikatakan, bagi peserta terbaik satu pada tiap cabang perlombaan tingkat SD/MI akan mendapatkan tiket bebas tes masuk ke Dayah Insan Qurani.

Sementara Ketua Panitia, Muhammad Ilham menyebutkan sejumlah cabang perlombaan yang diperlombakan untuk tingkat SMP/MTs yaitu tahfizh 5 juz, tilawah putra dan putri, pidato bahasa inggris, pidato bahasa arab, olimpiade IPA, IPS, Matematika, berhitung cepat, rangking 1, tenis meja ganda putra, tenis meja ganda putri, khat naskhi, dan cerdas cermat.

Baca: Santri Dayah Al-Anshar Aceh Jaya Sering Belajar Diterangi Panyot, Ini Bantuan dari Global Wakaf-ACT

Sedangkan ditingkat SD/MI cabang yang diperlombakan tahfizh 2 juz, tilawah putra dan putri, olimpiade IPA, Matematika, dan berhitung cepat.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan penampilan kesenian daerah seperti didong gayo, likok puloe, hadrah juga pemutaran video ucapan selamat dari para alumni dan tokoh masyarakat untuk kesuksesan acara Classic 3.

Seperti Ustadz Abdul Somad didampingi Fadhil Rahmi, Qari Internasional H Darwin Hasibuan, Kadis Pendidikan Dayah Aceh dan para alumni Insan Qurani yang berada di beberapa negara. (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved