Rastra Pusat belum Bisa Disalur

Meski kuota bantuan beras sejahtera (Bansosrastra) 2019 dari pemerintah pusat untuk Aceh Barat, Aceh Jaya

Rastra Pusat belum Bisa Disalur
SERAMBINEWS.COM/SAADUL BAHRI
Para ibu-ibu kurang mampu saat menemui anggota DPRK Nagan Raya, terkait bantuan Rastra yang belum mereka terima. 

* Tunggu Permintaan dari Kemensos

MEULABOH - Meski kuota bantuan beras sejahtera (Bansosrastra) 2019 dari pemerintah pusat untuk Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Simeulue jatah Januari-April 2019 sudah ditetapkan, namun beras itu belum bisa disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) penerima di empat kabupaten itu. Pasalnya, pihak Bulog Divisi Regional (Divre) Meulaboh masih menunggu surat permintaan dari Kemensos untuk penyaluran beras gratis ini.

Kepala Bulog Divre Meulaboh yang membawahi empat daerah itu, Ade Mulyani, menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambi kemarin. Menurutnya, kuota beras itu masih sama seperti 2018, termasuk jumlah RTS penerima. “Kuota yang sudah turun jatah bulan Januari hingga April 2019. Tapi untuk bulan selanjutnya, kita belum tahu,” katanya.

Begitu pun, kata Ade Mulyani, sesuai kuota dan jumlah penerima tahun lalu, yakni Aceh Barat 2.033,7 ton/tahun untuk 16.948 RTS, Aceh Jaya 782,8 ton/tahun untuk 6.524 RTS, Nagan Raya 1.884,6 ton/tahun untuk 15.705 RTS, dan Simeulue 912,8 ton/tahun untuk 7.607 RTS.

Ade Mulyani menambahkan untuk stok beras hingga 11 Januari 2019 di Gudang Bulog 1.400 ton dan mencukupi untuk penyaluran hingga tiga bulan ke depan. “Kalau stok beras tidak ada persoalan. Cukup untuk disalurkan kepada penerima Bansosrastra pada empat kabupaten wilayah kerja kita,” katanya.

Ia menjelaskan, Bulog Divre Meulaboh saat ini juga sudah mengajukan beras tambahan ke Bulog Aceh 1.000 ton. Pengajuan tersebut untuk menambahkan stok kebutuhan beras di wilayah kerja Bulog Divre Meulaboh.

Ditanya terkait program bantuan beras sejahtera daerah (rastrada) yang diluncurkan Pemkab Aceh Barat mulai tahun 2019, kata Kepala Bulog Divre Meulaboh, Ade Mulyani, sejauh ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut dari Pemkab ke Bulog Divre Meulaboh. “Pada prinsipnya Bulog siap kalau diminta untuk menyalurkan rastra daerah yang merupakan program Pemkab Aceh Barat yang diluncurkan mulai tahun 2019,” kata Ade.

Seperti diketahui, Pemkab Aceh Barat dan DPRK sudah mensahkan Rp 2,5 miliar dalam APBK 2019 untuk rastra daerah. Program tersebut melalui Dinas Sosial kabupaten yang direncanakan akan disalurkan kepada 2.400 RTS penerima. Mereka adalah keluarga miskin di Aceh Barat. Namun penerima rastrada tersebut mereka yangbukan dari kalangan penerima Bansosras dari pemerintah pusat tersebut. DPRK dan Pemkab juga mensahkan anggaran pengawasan program tersebut Rp 400 juta lebih dalam APBK 2019. (riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved