Mulai Akhir Januari 2019, Citilink Resmi Hapus Bagasi Gratis

Anak perusahaan Garuda Indonesia menargetkan sudah bisa memungut biaya bagasi pada akhir Januari 2019.

Mulai Akhir Januari 2019, Citilink Resmi Hapus Bagasi Gratis
TRIBUNNEWS.COM
Pesawat Citilink 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink akan menghapus kebijakan bagasi cuma-cuma bagi penumpang.

Anak perusahaan Garuda Indonesia menargetkan sudah bisa memungut biaya bagasi pada akhir Januari 2019.

"Kita tidak sebutkan tanggal, tapi target di akhir bulan Januari mulai terapkan (bagasi berbayar)," ucap Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo dalam jumpa pers Indonesia National Air Carrier Association (Inaca) di Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Juliandra menjelaskan, pihaknya saat ini telah mengajukan perubahan Standar Operasional Pelayanan (SOP) ke Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Baca: Gempar Anak Soekarno di Manado Mengaku Hanya Sekali Dipeluk Bung Karno, Ini 11 Fakta Pengakuannya

Baca: Viral Video Anak Peluk Polisi Setelah Dirazia Saat Bawa Motor, Sampai Ajak Janji Kelingking

Baca: Pedagang Pasar Peunayong Banda Aceh Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi

Baca: Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS Kemenag 2018, Download PDF di Sini

Berdasarkan pasal 3 Permenhub nomor 185 tahun 2015, kebijakan tersebut bisa diterapkan Citilink, karena termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan dengan standar minimum atau no frills.

Ia memastikan akan mengikuti instrukti Kemenhub untuk melakukan sosialisasi terkait perubahan kebijakan ini selama dua minggu.

"Ajukan permohonan ubah SOP ke Kemenhub, harus bisa tunjukan kesiapan terutama di check in counter tak boleh ada antrean jadi harus ada line khusus penunpang yang bawa bagasi dan dilayani ini harus bisa ditunjukan," jelasnya.

"Campaign harus 2duaminggu edukasi harus jalan ke penumpang. Itu semua sedang kita siapkan butuh waktu untuk itu, tp memang kebiajakan akan dijalankan. Tambah-tambahan itu harus kita lakukan untuk kesulitan beban biaya kita," imbuhnya.

Namun, penerapan bagasi berbayar ini tidak dikenakan untuk semua penumpang. Juliandra mengatakan penumpang Supergreen seat atau kursi tertentu dan member Garudamiles tetap mendapatkan bagasi gratis 10 kiogram.

"Jadi tidak semua 100 persen berbayar. FBA bisa dibeli melalui channel-channel pembelian kita kupon atau vouchernya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Citilink Putuskan Hapus Bagasi Gratis Mulai Akhir Januari 2019

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved