Darson, Warga Miskin dari Simeulue Berjuang Melawan Tumor Ganas

DERITA yang mendera kehidupan Darson (30), warga Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue

Darson, Warga Miskin dari Simeulue Berjuang Melawan Tumor Ganas
SERAMBI/SARI MULIYASNO
DARSON (26), warga kurang mampu penderita tumor asal Kecamatan Salang, Simeulue terbaring lemas di RSUD setempat, Minggu (20/1). 

DERITA yang mendera kehidupan Darson (30), warga Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue begitu sempurna. Saat dia dililit kemiskinan, cobaan lain berupa penyakit tumor ganas menggerogoti tubuhnya. Tak cukup sampai di situ, sang istri yang sedang mengandung anak kedua yang seharusnya menjadi teman berbagi duka ternyata juga harus berjuang melawan penyakit hipertensi yang tak pernah mendapat penanganan medis.

“Tumornya suspek ganas karena baru lima bulan sudah membesar,” begitu kata Direktur Utama RSUD Simeulue, dr Farhan kepada wartawan menanggapi kondisi Darson menjelang dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh, beberapa hari lalu.

Sebelum sempat dirawat di RSUD Simeulue dan selanjutnya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh, Darson hanya bisa terbaring lemah di rumahnya yang lebih layak disebut gubuk di Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Simeulue.

Komunikasi lisan semakin terbata-bata. Begitu pun mengunyah makanan, semakin sulit. Dia hanya bisa mengisyaratkan minta minum kepada sang istri yang juga sakit-sakitan. Tumor ganas yang mendera bagian belakang leher laki-laki tersebut semakin membuatnya tak berdaya. Dia bersama istri dan putri semata wayang mereka, Daswita (4) hanya bisa menggantungkan hidup dari belas kasihan kerabat dan warga kampung.

Informasi mengenai kondisi Darson yang semakin tak berdaya diterima Serambi pertama sekali dari Muhammad Hadidi meneruskan pesan WhatsApp dari Gusriadin, warga Padang Unoi selaku penanggung jawab aksi solidaritas untuk Darson. “Setelah bermusyawarah dengan pihak keluarga, aparat desa, tokoh-tokoh masyarakat, dan adik-adik mahasiswa asal Simeulue, kami pun membawa Darson untuk mendapatkan penanganan medis di RSUD Simeulue,” kata Gusriadin yang tinggal bersebelahan rumah dengan Darson.

Camat Salang, Buyung Ali Kardin sebagaimana dilansir Serambinews.com sempat pula melihat langsung kondisi warganya itu, Minggu (20/1). Camat Salang membenarkan Darson sebagai warga kurang mampu.

Di RSUZA
Sejak tiga hari lalu, Darson sudah tercatat sebagai pasien di RSUDZA Banda Aceh dengan status rawat inap di Ruang Raudhah 4 (lantai II) kamar 6. Selain didampingi oleh dua wak perempuannya, juga ditemani aktivis mahasiswa dan pelajar asal Simeulue di Banda Aceh yang berhimpun dalam wadah Ipelmas dan IPPMS.

Gusriadin memberikan apresiasi atas kepedulian berbagai pihak untuk membantu Darson menuju penyembuhan, termasuk kepada aktivis mahasiswa yang turun ke jalan menggalang bantuan kemanusiaan untuk Darson dan keluarganya.

Gusriadin menjelaskan, meskipun biaya rumah sakit dan pengobatan untuk Darson sudah ditanggung dengan fasilitas BPJS Kesehatan, namun masih ada kebutuhan lain yang tak kalah beratnya yang harus dipikirkan untuk Darson. Sebab, sejak dia didera tumor sampai akhirnya dibawa ke RSUD Simeulue dan selanjutnya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh, Darson didampingi oleh dua perempuan tua yang tak lain adalah waknya. Sedangkan istrinya yang juga sedang sakit bersama putri kecilnya tetap tinggal di kampung.

Gusriadin mengatakan, kebutuhan untuk pendamping selama Darson di rumah sakit serta untuk anak istri yang tinggal di kampung menjadi sesuatu yang harus dicarikan solusinya. “Akhirnya kami sepakat menghimpun dana kemanusiaan untuk Darson baik secara langsung maupun melalui media sosial. Aksi ini melibatkan aparat desa dan adik-adik mahasiswa,” ujar Gusriadin.

Bagi siapa saja yang akan mengulurkan bantuan untuk Darson, bisa menghubungi Gusriadin melalui nomor HP 085275418399 atau bisa langsung transfer ke Rekening Bank Aceh No, Rek. 02102410041863 atas nama Budiyar Kamseno (Sekdes Karya Bakti Padang Unoi). “Kita akan terus bersama dalam misi kemanusiaan ini,” ujar Gusniadin, pekerja sosial dan kemanusiaan yang pernah aktif di JKMA Simeulue.(nasir nurdin)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved