Ma'ruf Amin Optimis Menang Pilpres, Ini Alasannya

"Kunjungan ini menambah optimisme menuju pemenangan pilpres. Kita melakukan komunikasi secara langsung dengan berbagai pihak," kata Ma'ruf.

Ma'ruf Amin Optimis Menang Pilpres, Ini Alasannya
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin saat berbincang santai dengan wartawan di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Rabu (12/12/2018). (KOMPAS.com/Ihsanuddin) 

SERAMBINEWS.COM, BANJARMASIN - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin tuntas bersafari di tiga provinsi, yakni Banten, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan, selama hampir sepekan.

Selama enam hari bersafari, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu, bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, ulama, kiai, dan santri. Ma'ruf bersyukur bisa menyelesaikan perjalanan panjang.

"Banyak manfaat yang didapat dari perjalanan ini. Inti perjalanan ini adalah mempererat silaturahmi sekaligus melakukan konsolidasi," ucap Ma'ruf di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, sebelum bertolak ke Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Ma'ruf merasa optimis akan memenangkan pemilihan presiden 2019. Karena melalui safari di tiga provinsi, ucap Ma'ruf, ia dapat melihat antusiasme masyarakat terhadap pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf.

"Kunjungan ini menambah optimisme menuju pemenangan pilpres. Kita melakukan komunikasi secara langsung dengan berbagai pihak," kata Ma'ruf.

Ketua Majelis Ulama ini menyadari Jokowi pada Pilpres 2014 kalah dari Prabowo Subianto di beberapa wilayah yang dikunjunginya. Namun, ia yakin situasi bisa terbalik di Pilpres 2019.

Baca: Dua Sepeda Motor Tabrakan di Gandapura, Bireuen, Warga Muara Batu Meninggal, Tiga Lainnya Luka Berat

Baca: Selesai Dikaji, Partai Gerindra Solo Nilai Isi Tabloid Indonesia Barokah Sudutkan Prabowo

Baca: 8 Fakta Durian J-Queen, Durian Tasikmalaya yang Dijual Seharga Rp14 Juta per Buah  

Baca: Banyak Orang Meninggal karena Gigitan Ular, Ternyata Ini 4 Alasannya

"Semakin optimistis untuk menang karena saya menemui orang-orang yang semangat dan antusias di tiga provinsi. Di Banten, saya menyampaikan bahwa saya ini putera daerah. Di Jawa Timur pun dukungan datang dari para ulama Jawa Timur dan ulama Madura. Di Kalsel pun demikian," tutur Ma'ruf.

Dalam setiap kesempatan menyampaikan pesan, Ma'ruf menekankan dua hal. Yaitu, agar dihindari perpecahan antarsesama anak bangsa dan tak ikut menyebarkan kabar bohong atau hoaks.

"Saya selalu mengimbau agar Pileg dan Pilpres itu tidak menimbulkan perpecahan terhadap bangsa dan negara kita. Saya juga mengajak masyarakat tidak menyebar hoaks atau berita bohong," imbuh Ma'ruf.

Perjalanan yang panjang dengan mengunjungi berbagai kabupaten/kota yang hampir kegiatannya berlangsung hingga tengah malam. Ma'ruf mengaku tidak lelah menjalani kegiatan berkeliling di sejumlah wilayah. Dia bercerita resep untuk menghilangkan lelah adalah menikmati semua kegiatannya tersebut.

"Saya 'enjoy' saja," ucapnya sambil tersenyum.

Setibanya di Jakarta, Kiai Ma'ruf pun sudah memiliki jadwal yang padat. Di kediamannya hari ini akan menerima beberapa tamu. Bahkan, pada Selasa (29/1) pun Kiai Ma'ruf sudah terjadwal akan berkunjung ke Kabupaten Jawa Barat.

"Memang silaturahmi ke wilayah Jawa Barat dan Banten akan semakin diintensifkan. Kita akan tancap gas untuk menyapa masyarakat dan bersilaturahmi dengan berbagai kalangan," tutur Ma'ruf.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ma'ruf Amin Yakin Menang Pilpres, Ini Alasannya

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved