Masjid ‘Nurul Hasanah Aceh’ Mulai Dibangun di Palu

Seperti diketahui pada 28 September 2018 beberapa kawasan di Sulteng dihantam gempa disusul tsunami dan likuifaksi.

Masjid ‘Nurul Hasanah Aceh’ Mulai Dibangun di Palu
SERAMBINEWS.COM/NASIR NURDIN
Asisten I Setda Kota Palu, Muhammad Rifani SSos MSi menyerahkan cindera mata kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Nasir Nurdin | Palu

SERAMBINEWS.COM, PALU - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meletakkan batu pertama menandai dimulainya pembangunan Masjid Jamik Nurul Hasanah bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (13/2/2019).

Kehadiran Plt Gubernur Aceh dan rombongan di Kelurahan Pengawu disambut meriah oleh masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat setempat termasuk pengurus/panitia pembangunan Masjid Nurul Hasanah.

Seperti diketahui pada 28 September 2018 beberapa kawasan di Sulteng dihantam gempa disusul tsunami dan likuifaksi.

Sehari pascabencana tersebut, Plt Gubernur Aceh menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Sulteng, termasuk Kota Palu.

Baca: Ucapan Terima Kasih Aceh Jelang Peletakan Batu Pertama Masjid Nurul Hasanah di Kota Palu

Baca: Gempa Palu 7,4 SR pada 28 September 2018 Dinyatakan Fenomena Supershear Langka, Ini Penjelasannya!

Dalam sambutannya menjelang peletakan batu pertama, Plt Gubernur Aceh mengatakan dana yang dihimpun melalui ‘Donas Aceh untuk Palu’ mencapai lebih kurang Rp 3,3 miliar yang semuanya akan difokuskan untuk pembangunan Masjid Nurul Hasanah.

“Pak Wali Kota tak perlu khawatir, kami tidak mengggunakan sedikit pun uang itu untuk keperluan kami kemari,” kata Plt Gubernur Aceh disambut tepuk tangan hadirin.

Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu rusak berat akibat gempa 28 September 2018.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyetujui rekomendasi tim survei untuk membantu pembangunan kembali Masjid Nurul Hasanah dengan memanfaatkan bantuan masyarakat dan Pemerintah Aceh.

Pemerintah Provinsi Sulteng, Pemko Palu, dan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Tatanga khususnya di Kelurahan Pengawu menyambut gembira rencana itu bahkan disepakati memberi nama masjid tersebut Masjid Nurul Hasanah Aceh.

Masjid Nurul Hasanah Aceh berukuran 20x20 meter dibangun dengan perpaduan kayu dan beton dirancang oleh Dr Ing Andry Widyowijatnoko, ST, MT yang juga Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB).(*)

Baca: Hasil Liga Champions - PSG Bungkam Manchester United, Angel di Maria Tampil Gemilang

Baca: 13 Taruna Akpol Dipecat Karena Terlibat Penganiayaan, Tujuh Anak Kombes dan Dua Anak Jenderal

Baca: VIDEO - Sulitnya Akses Jalan ke Desa Sikundo, Daerah Pedalaman di Aceh Barat

 

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved