Konsultasi Regional PUPR Sinergikan Program Pusat dan Daerah

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW)

Konsultasi Regional PUPR Sinergikan Program Pusat dan Daerah
IST

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menggelar Konsultasi Regional (Konreg) ketiga di Banda Aceh, mulai Senin (11/ 3) hingga Rabu (13/3).

Konreg tersebut dibuka langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Auditorium Dayan Dawood, Universitas Negeri Syiah Kuala, Banda Aceh, yang juga dihadiri Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Konreg ini diadakan untuk membahas program pengembangan infrastruktur PUPR tahun anggaran (TA) 2020 di provinsi wilayah Sumatera.

Basuki dalam arahannya menyampaikan pesan Presiden pada sidang kabinet Rapat Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 yaitu perlunya terus mengawal pelaksanaan tahapan kerja teknokratik, seperti penyusunan RKP 2020, kebijakan ekonomi makro serta pokok-pokok kebijakan fiskal untuk 2020.

Disamping itu Presiden juga berpesan untuk memperhatikan pembangunan SDM, antisipasi terhadap dinamika perekonomian dunia, dan menciptakan inovasi dan sinergi pembiayaan yang melibatkan swasta. Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa setiap tahunnya Kementerian PUPR mesti melakukan tiga hal penting dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur PUPR.

“Yaitu, evaluasi terhadap program yang telah dilakukan, memastikan program tahun berjalan tercapai dan melakukan melakukan pemrograman untuk tahun selanjutnya,” ujarnya.

“Terlebih, saat ini Indonesia berada pada tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, dan akan segera memasuki transisi pada periode RPJMN 2020-2024,” lanjutnya. Menteri Basuki menuturkan tujuan Konreg Kementerian PUPR tahun 2019 ini yaitu sinkronisasi program pembangunan antara pusat dan daerah, serta memastikan keberlanjutan pembangunan dari RPJMN 2015-2019.

Konreg juga menjadi forum bersama untuk memprioritaskan beberapa program yang belum tercapai di 2015-2019, yaitu sektor air minum, sanitasi, banjir dan hunian layak. “Melalui proses konreg, program yang dihasilkan merupakan sinkronisasi program arahan Pemerintah Pusat (top) dan program usulan Pemerintah Daerah (bottom). Dengan begitu, pusat dan daerah saling melengkapi dan semakin fokus terhadap tugas dan fungsinya,” terangnya.

Basuki mencontohkan, saat Pemerintah Pusat membangun bendungan disambut pemerintah daerah dengan membangun daerah irigasinya, sehingga manfaat keberadaan bendungan menjadi benar-benar dirasakan masyarakat luas. Di tempat yang sama, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono mengatakan, strategi pembangunan infrastruktur PUPR 2020-2024dilakukan dengan memajukan sektor industri sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi, mendukung destinasi unggulan pariwisata, serta mewujudkan Indonesia menuju poros maritim dunia.

Ia menambahkan Kementerian PUPR dalam melakukan pengembangan infrastruktursaat ini menggunakan pendekatan yang berbasis kewilayahan. Seluruh wilayah di Indonesia sudah dikelompokan kedalam 35 Wilayah Pengembangan Strategis (WPS). Di dalam WPS itu terdapat kawasan tematik yang didukung pengembangannya, seperti Kawasan Industri, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dan lainnya.

“Pendekatan WPS diharapkan dapat mendorong pengembangan infrastruktur PUPR yang terpadu,komprehensif, cepat mengatasi kesenjangan infrastruktur di kawasan Barat dan Timur. Dan yang terpenting pembangunan berjalan sesuai daya dukung dan daya tampung,” ungkapnya. Konreg untuk seluruh provinsi di Indonesia dilaksanakan di empat kota, pertama di Mataram untukprovinsi di Kalimantan dan Nusa Tenggara. Kedua, di Makassar untuk provinsi di Sulawesi, Maluku dan Papua. Ketiga, di Banda Aceh untuk wilayah provinsi Sumatera, dan keempat di Kota Bogor untuk provinsi di Jawa dan Bali.

Adapun peserta konreg adalah perwakilan pemerintah provinsi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas bidang PUPR, serta Balai dan Unit Organisasi (Unor) Kementerian PUPR. (adv)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved