Dari Puja Syarma Hingga Rialdoni, Ini 5 Penyanyi Aceh yang Tembus Jutaan Views di Youtube

Beberapa penyanyi Aceh yang bermain di Youtube, ternyata sudah masyhur bagi pengguna Youtube, bukan hanya di Aceh, tapi dunia

Dari Puja Syarma Hingga Rialdoni, Ini 5 Penyanyi Aceh yang Tembus Jutaan Views di Youtube
KOLASE SERAMBINEWS.COM/YOUTUBE
Lima penyanyi Aceh yang populer di Youtube, sudah catat jutaan views. 

Dari Puja Syarma Hingga Rialdoni, Ini 5 Penyanyi Aceh yang Tembus Jutaan Views di Youtube

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kehadiran Youtube serta semakin mudahnya akses internet di Aceh, memberikan dampak dua sisi mata uang bagi para musisi di Tanah Rencong ini.

Bagi sebagian musisi dan artis di Aceh, layanan streaming milik Google ini telah menggerus pendapatan mereka yang selama mengandalkan hasil dari penjualan video compact disk (VCD).

Bahkan, kelompok komedi sekelas Eumpang Breuh pun harus megap-megap dan cerai berai, salah satunya karena pasar mereka telah tergerus oleh para pengguna Youtube.

Padahal, sejak 2005 hingga tiga tahun lalu, grup Eumpang Breuh ini masih menjadi penguasa pasar penjualan VCD di Aceh.

Hampir tidak ada orang Aceh yang tidak kenal para bintang utama Eumpang Breuh ini, yiatu Haji Uma (H Sudirman, saat ini menjabat Anggota DPD RI asal Aceh), Bang Joni, Mando Gapi (meninggal dunia pada, 17 Januari 2019), Yusniar, Kak Bungsu, dan Pak Salam Pasar Pagi.

Baca: Komedian Aceh Mando Gapi Meninggal

Bahkan, para bintang figurannya pun banyak dikenal publik, seperti Muhammad Daud, Raja, Rohid, Saleh, dan banyak lainnya.

Namun, perpecahan di antara bintang utama Eumpang Breuh serta kemudahan akses internet, telah membuat para bintang film komedi Aceh yang disutradarai oleh Ayah Doe (Imran Nyak Abeudo) dengan produser Din Kramik (H Khairuddin) ini, tercerai berai.

“Baru satu hari diluncurkan, film kami sudah tayang di Youtube. Sehingga tidak sempat lagi melakukan penetrasi pasar,” ujar salah satu pentolan Grup Eumpang Breueh kepada Serambinews.com, beberapa waktu lalu.

Baca: Damai dalam Lawakan Eumpang Breuh

Namun, di sisi lain, kemudahan akses internet ini melahirkan sejumlah musisi baru di Aceh.

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved