Sahabat Difabel Aceh Bahas Cerebral Palsy, Kelumpuhan Otak yang Menyebabkan Kecacatan pada Anak

“Cerebral palsy adalah sebuah ‘neurogical disability’ yang mempengaruhi ribuan anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia,”

Sahabat Difabel Aceh Bahas Cerebral Palsy, Kelumpuhan Otak yang Menyebabkan Kecacatan pada Anak
FOR SERAMBINEWS.COM
Yayasan Sahabat Difabel Aceh melalui unit pelayanan Rumah Cerebral Palsy (RCP) Aceh menggelar seminar Cerebral Palsy, di Gedung DILO Banda Aceh, Sabtu (23/3/ 2019). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Yayasan Sahabat Difabel Aceh melalui unit pelayanan Rumah Cerebral Palsy (RCP) Aceh menggelar seminar Cerebral Palsy, di Gedung DILO Banda Aceh, Sabtu (23/3/ 2019).

Cerebral Palsy merupakan kelumpuhan otak yang menjadi salah satu penyebab kecacatan pada anak.

Seminar bertema ‘Meningkatkan Kualitas Hidup Cerebral Palsy’ itu dibuka Ibu Gubernur Aceh, Darwati A Gani.

Baca: Festival Kanduri Laot di Sabang akan Libatkan Ratusan Nelayan dan Boat

Kegiatan itu diisi narasumber ahli dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aceh, Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Aceh, dan Terapis dari Rumah Cerebral Palsy (RCP) Aceh.

Ketua Yayasan Sahabat Difabel Aceh, Nuraida AKs MA mengatakan, seminar itu bertujuan antara lain untuk mengedukasi masyarakat tentang Cerebral Palsy dan pentingnya deteksi dini tumbuh kembang anak.

“Semakin banyak masyarakat terinformasi dengan cerebral palsy, maka diharapkan semakin tercipta ruang dan lingkungan yang ramah bagi anak dengan cerebral palsy dan keluarganya,” ujarnya.

Baca: Kota dengan Tarif Parkir Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp 24,6 Juta Per Bulan

Nuraida menjelaskan, cerebral palsy adalah suatu kondisi terganggunya fungsi otak dan jaring saraf yang mengendalikan motorik, laju belajar, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan berpikir.

“Cerebral palsy adalah sebuah ‘neurogical disability’ yang mempengaruhi ribuan anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia,” katanya lagi.

Dengan slogan ‘Peduli dan Berbagi’, lanjut Nuraida, RCP Aceh memberikan pelayanan rehabilitasi bagi anak dengan disabilitas khususnya cerebral palsy, dan menghubungkan dengan stakeholder terkait dengan alat bantu disabilitas.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved