‘Tol Laut’ Layari Meulaboh-Sinabang

Kapal Sabuk Nusantara 110 yang merupakan bagian dari program ‘tol laut’ dilaporkan kini mulai melayari rute Meulaboh, Aceh Barat ke Sinabang

‘Tol Laut’ Layari Meulaboh-Sinabang
Serambi
Penumpang akan menaiki Kapal Sabuk Nusantara 110 yang akan berlayar ke Sinabang di Pelabuhan Jetty Suak Indrapuri, Meulaboh, Kamis (28/3/2019) sore. SERAMBINEWS.COM/RIZWAN 

* Harga Tiket 15.000/Orang

MEULABOH - Kapal Sabuk Nusantara 110 yang merupakan bagian dari program ‘tol laut’ dilaporkan kini mulai melayari rute Meulaboh, Aceh Barat ke Sinabang, Simeulue. Kapal milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu menggantikan kapal lama Sabuk Nusantara 35 yang sudah tidak berlayar lagi.

Informasi diperoleh Serambi pada Jumat (29/3) sore, kapal ‘tol laut’ itu pada Kamis (28/3) petang, bertolak menuju Sinabang dari Pelabuhan Jetty Meulaboh. Kapal tersebut baru dua kali bersandar di pelabuhan itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh Barat, Drs Jhon Aswir saat ditanyai Serambi, kemarin, mengakui, bahwa Kapal Sabuk Nusantara 110 yang ukurannya lebih besar dari Kapal Sabuk Nusantara 35 bersandar di Pelabuhan Meulaboh. “Kapal perintis itu sifatnya bantuan untuk memaksimalkan pelayaran di Aceh,” kata Jhon.

Dijelaskannya, dengan adanya kapal ‘tol laut’ tersebut diharapkan dapat membantu kelancaran pelayaran di wilayah barat selatan Aceh. Pasalnya, Kpal Sabuk Nusantara 35 yang sebelumnya berlayar ke Meulaboh, kini dalam beberapa bulan terakhir, tidak beroperasi lagi.

Harga tiket
Di sisi lain, tarif tiket ‘tol laut’ untuk rute Meulaboh menuju Sinabang dipatok semurah mungkin. Data yang didapat Serambi, tiket Kapal Sabuk Nusantara 110 dengan rute pelayaran dari Meulaboh tujuan ke Sinabang hanya dibandrol Rp 15.000/orang.

Murahnya harga tiket ini karena disubsidi oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar tak membebani penumpang. ‘Tol laut’ itu sendiri akan bersandar sebanyak 3 kali dalam sebulan di Pelabuhan Jetty di Meulaboh dengan rute melayari sejumlah pelabuhan di barat selatan Aceh.

Pelayaran di Samatiga Lancar
Sementara itu, pelayaran jalur Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang Simeulue) dengan mengunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang di Pelabuhan Penyeberangan Samatiga, Aceh Barat berjalan lancar, dalam beberapa bulan belakangan.

Kapal yang dikelola oleh Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) itu berlayar sepekan dua kali, yakni pada hari Jumat dan Minggu. Kadis Perhubungan Aceh Barat, Jhon Aswir mengungkapkan, transportasi laut dari Pelabuhan Samatiga saat ini masih berjalan lancar. Hal ini didukung dengan kondisi laut perairan Meulaboh ke Sinabang yang stabil.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved